Pengaruh Media Sempoa Dalam Menngkatkan Kemampuan Menyelesaikan Oprasi Hitung Perkalian Bagi Siswa Tunanetra Low Vision Kelas Vii Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Khusus Negeri 01 Kota Serang

Ernawati Ernawti

Abstract


Pengaruh Penggunaan Media sempoa Dalam Meningkatkan Kemampuan Dalam  Menyelesaikan Oprasi Hitung Perkalian Bagi Siswa Tunanetra Low Vision kelas VII  Pada  Pembelajaran Matematika  Di Sekolah Khusus Negeri 01 Kota Serang. Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan kemampuan berhitung siswa tunanetra kelas VII dengan Media sempoa  di Sekolah Khusus Negeri 01 Kota Serang dan melatih motoric halus,  kecepatan, ketepan dan konstrasi . Subyek dalam penelitian ini adalah  1 anak  perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Khiusus Negeri 01 Kota Serang yang berlokasikan di jln Bayangkara 118 Sumur Pecung  Kota Serang dimula pada semester I dengan  pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Tindakan dapat dinyatakan berhasil apabila subyek mengalami peningkatan kemampuan menyelesaikan perhitungan dengan tepat dan cepat  . Hasil penelitian ini membuktikan terdapat peningkatan kemampuan siswa pada pembelajaran matematika menyelesaikan oprasi hitung perkalian  pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1)  pengarug menggunakan media sempoa dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan oprasi hitung perkalian  bagi Siswa  Tunanetra kelas VII Pada Pembelajaran Matematika   di Sekolah Khusus Negeri 01 Kota Serang.   


Keywords


Kata Kunci: oprasi hitung Perkalian , Media Sempoa Siswa tunanetra kelas VII.

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i3.6375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats