Pengaruh Sarana Prasarana dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) Jurusan Teknik Audio Video

Farida Maulina Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap besarnya  pengaruh penggunaan sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata diklat Keterampilan Komputer (KKPI) bagi siswa kelas I (satu) jurusan Audio Video (AV) SMK Negeri 1 Padang. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Terdapat pengaruh penggunaan sarana prasarana (X1) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas I jurusan AV di SMK Negeri 1 Padang yang positif sebesar 34,60%. Hal ini berarti semakin efektif penggunaan sarana prasarana (X1) maka semakin tinggi pula hasil belajar (Y) begitu pula sebaliknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas I jurusan AV di SMK Negeri 1 Padang yang positif sebesar 27,50%. Hal ini berarti semakin tinggi motivasi belajar (X2) maka semakin tinggi pula hasil belajar (Y) siswa kelas I jurusan AV di SMK Negeri 1 Padang begitu pula sebaliknya. Dengan demikian kehadiran motivasi belajar  dalam diri seseorang sangat diperlukan sekali untuk meningkatkan hasil belajar (Y) siswa. Terdapat pengaruh penggunaan sarana prasarana (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas I jurusan AV di SMK Negeri 1 Padang yang positif sebesar 43,20%. Hal ini berarti semakin efektif penggunaan sarana prasarana (X1) dan diiringi motivasi belajar (X2) siswa kelas I jurusan AV di SMK Negeri 1 Padang yang tinggi pula maka akan semakin tinggi pula hasil belajar (Y) siswa kelas I jurusan AV di SMK Negeri 1 Padang

Keywords


sarana prasarana; motivasi belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1995). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bonate, P. L. (2000) Analysis of Pretest-Posttest Design. Boca Raton London New York Washington DC. Chapman & Hall/CRC

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Standar Kompetensi Nasional.

Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (2002) Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Hamid, M. A., Nyeneng, I., & Rosidin, U. (2013). Perbandingan Penggunaan Feedback pada Lembar Jawaban Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Fisika melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 1(5).

Idris, Z. dan Jamal, L. (1992). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Maksan, M. (1993). Pedoman Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Padang: IKIP Padang Press.

Masidjo, I. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Prayitno, E. (1989). Motivasi dalam Belajar, Jakarta: P2LPK

Purwanto, M. N. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2004) Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Santoso, S. (2000) SPSS, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Slameto. (1998). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Suciati dan Irawan, P. (2001). Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (1996). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana. (1996). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanti, Y. (1995). Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diberi Tes Awal dengan Siswa yang diberi Tes Akhir Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas I SMUN 3 Payakumbuh. Padang: UNP

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 (2003), Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: BP Cipta Jaya

Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta. Grasindo

Zaini, H., Munthe, B. dan Aryani, S. A. (2005). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

Zainul, A. dan Nasution, N. (2001). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro (ISSN: 2528-5688 | e-ISSN: 2528-5696)
Organized by Research Center for Technical and Vocational Education and Training (RCTVET) - Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : volt.jipte@untirta.ac.id, abi.mustofa@untirta.ac.id, m.abihamid@gmail.com
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170

simple hit counter simple hit counter Free counters!