The increase in the ability of students to make research proposals through problem based instruction learning model

D. Desriyanti

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan mengetahui dalah hal tingkat pemahaman, evektivitas dan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Problem Based Instruction. Pengumpulan data menggunakan metode Wawancara, Observasi, Dokumentasi, Studi Pustaka sedangkan metodologi analisis data menggunakan statistik diskriptif dengan mikrosoft office excel. Hasil olah data dari peneltian dapat di ketahui pada a)aspek pemahaman mahasiswa sangat baik, b)aspek evektivitas pembelajaran hasil sangat baik, c)sedangkan aspek kendala mahasiswa dengan hasil cukup. Dengan hasil yang telah diolah dapat disimpulkan a)aspek pemahaman mahasiswa dapat dikatakan bahwa mahasiswa sudah memahami bagaimana  dasar terkait bagaimana mneyusun proposal baik penelitian atau proposal skripsi, dengan memahami mata kuliah metode penelitian. b)aspek evektivitas dalam pembelajaran sudah baik dimana penerapan metode Problem Based Instruction yang  di terapkan  mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran, berpikir kritis, termotivasi, dan mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dalam membuat proposal . c)sedangakn asfek kendala,  ada sedikit kendala bagi mahasiswa terhadap pemunculan ide dan pengolahan data hasil penelitian. Dengan adanya tugas, diskusi, dan berkomunikasi dengan baik antara mahasiswa dengan dosen diharapkan menjadi solusi  terhadap permasalahan yang dihadapi.

Keywords


Problem Based Instruction

References


Aisyah, N. (2003). Efektifitas Pembelajaran problem Based Instruction (PBI) pada Mata Pelajaran Matematika SLTP Melaui Pola Kolaboratif. Forum Kependidikan, 13-27.

Amalia Farina, Saukani, Salminawati. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran problem Based Instruction (PBI) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Ski di SMP Ar-Rahman Percut. AT-TAZAKKI, 2(1). Retrieved januari-juni 2018

Anas, s. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers,.

Astim, R. (2003). Proses Belajar Mengajar Efektif di Perguruan Tinggi. Bandung: Yapemdo.

Depdikbud. (1989). Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pranda Media.

Muah, T. (2016, Januari). Penggunaan Model Pembelajaran problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatakan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswi Kelas 9B semester Gasal Tahun Pelajaran 2014-2015, di SMP negeri 2 Tuntang- Semarang. Scholaria; Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6 No 1(P-issn; 2008-3439, dan e-issn; 2549-9653), 41-53.

Na'imah Nahriyatun, Gantina Komalasari, Eka Wahyuni. (2016). Gambaran Permasalahan Sosial Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (Survei terhadap Mahasiswa starta 1 Angkatan 2013-2015. Jurnal Bimbingan Konseling 5(1).

Ngalim, P. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruvistik. Jakarta: prestasi pustaka publiser.

Winarsih, Sajidan, Baskoro Adi Prayitno. (2014). Pengembangan Modul Problem Based Instruction (PBI) ynag diterapkan dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) pada materi Spermatophyta. INSKUIRI, Vol 3 No III(ISSN; 2252-7893), hal 148-157. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v4i1.5141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : volt.jipte@untirta.ac.id, abi.mustofa@untirta.ac.id, m.abihamid@gmail.com
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170