Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan Siswa SMK Negeri 1 Padang Menggunakan Logic Model

Ilham Juliwardi, S. Sukardi, K. Krismadinata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan SMK Negeri 1 Padang. Evaluasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) tersebut dilihat dari aspek Input, Process, Output, Outcome yang dihadapi dalam pelaksanaan PKL. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode kombinasi desain Concurrent Embedded, menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan, dimana pada tahap pertama penelitian menggunakan metode kuantitatif dan pada tahap kedua metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan di SMK Negeri 1 Padang Program keahlian Teknik Kelistrikan secara keseluruhan meliputi. Evaluasi Input sesuai kenyataan memperoleh standar skor rata-rata 74,27% dengan kategori Cukup, dan evaluasi Input sesuai harapan memperoleh standar skor rata-rata 89,58% dengan kategori Sangat Baik. Indikator Process sesuai kenyataan diperoleh tingkat persentase sebesar 74,14% dengan kategori Cukup. Sedangkan untuk indikator Process sesuai harapan diperoleh tingkat persentase sebesar 88,56% dengan kategori Baik. Indikator Output sesuai kenyataan diperoleh tingkat persentase sebesar 72,65% dengan kategori Cukup. Sedangkan untuk indikator Output sesuai harapan diperoleh tingkat persentase sebesar 89,13%. dengan kategori Sangat Baik. Indikator Outcome sesuai kenyataan diperoleh tingkat persentase sebesar 72,36% dengan kategori Cukup. Sedangkan untuk indikator Outcome sesuai harapan diperoleh tingkat persentase sebesar 88,41% dengan kategori Baik. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa program Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa diSMK Negeri 1 Padang masih dalam kategori Cukup, perlu diperbaiki untuk masing-masing aspek.


Keywords


Concurrent Embedded; evaluasi program; PKL;

References


Ambiyar & Muhardika, 2019. Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Creswell, John W. 2014. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. United States of America: Sage Publications. Inc.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008 Pe laksanaan Prakerin. Jakarta: Direktrat Pembinaan Sekolah Menengah Keju ruan. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Iskandar, 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Powell, T., & Heneret, E. 2008. Enhancing program performance with logic models.

Saputra, I. 2017. Evaluasi Implementasi Praktik Kerja Industri di SMK Negeri 6 Bandung. UPI

Sadewa, Aji W; Kholis, Nur. 2015. Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Pada Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Swasta Se Kabuten Sleman. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 5, Nomor 3. UNY.

Sudjana, 2011. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan: Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukirno, Sadono, 2012. Pengantar Teori Ekonomi Mikro, Edisi kedua, Jakarta : PT. Karya Grafindo Persada

Supadi, 2017.Evaluasi Program Praktek Kerja Industri di Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 19, Nomor 3. Universitas Negeri Jakarta.

Tuatul Mahfud 2016. Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Jurusan Tata Boga Politeknik Negeri Balikpapan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 23, Nomor 1. Universitas Negeri Balikpapan.

W.K. Kellogg Foundation. 2004. Logic Model Development Guide.

Wakhinuddin, 2009. Evaluasi Program. Padang: UNP Press.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v4i2.5885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : volt.jipte@untirta.ac.id, abi.mustofa@untirta.ac.id, m.abihamid@gmail.com
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170