Strategi Belajar Siswa pada Kegiatan Praktik Kerja Industri dalam Memperoleh Kompetensi

Mohammad Fatkhurrokhman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi belajar siswa dalam memperoleh kompetensi pada kegiatan Praktik Kerja Industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Informan pada penelitian ini adalah pembimbing industri, pembimbing siswa dari sekolah, dan siswa peserta praktik kerja industri. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data yaitu model interaktif Miles & Huberman, meliputi pengumpulan data, data condensation, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan siswa dalam memperoleh kompetensi pada kegiatan praktik kerja industri yaitu (1) Belajar menggunakan panca indera; (2) Belajar memecahkan masalah; (3) Belajar mandiri; (4) Belajar melalui lingkungan kerja; dan (5) Belajar terus menerus dan diulang-ulang.

Keywords


kompetensi, praktik kerja industri, strategi.

Full Text:

PDF

References


Aditiasari, Dana. (2015, Juni 23). Jokowi Mau Bangun Listrik 35.000 MW, Bos Adaro: Masih Kurang. Detikcom. Diunduh dari http://finance.detik.com/read/2015/06/23/204100/2950384/1034/jokowi-mau-bangun-listrik-35000-mw-bos-adaro-masih-kurang

Catts, R., Falk, I., & Wallace, R. (2011). Introduction: Innovations in theory and practice. Vocational learning innovative theory and practice. New York: Springer. p.1 – 8.

Choo, C.W. (2006). The knowing organization: How organizations use information to construct meaning, create knowledge, and make decisions, second edition. New York: Oxford University Press.

Clarke, L. & Winch, C. (2007). Vocational education international approaches, development and systems. New York: Routledge.

Cunningham, I., Dawes, G., & Bennett, B. (2004). The handbook of work based learning. Burlington: Gower Publishing Limited.

Djojonegoro, Wardiman. (1998). Pengembangan sumberdaya manusia melalui sekolah menengah kejuruan (SMK). Jakarta: PT Balai Pustaka.

Gerungan, W.A. (2004). Psikologi sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Jacobs, R. L. (2003). Structured on the job training: Unleashing employee expertise in the workplace. San Fransisco: Berrett Koehler Publishers, Inc.

Jeanne, M. and Rose, A. P. (2009). TVET Glossary: Some Key Terms. In R. Maclean, D. Wilson (eds.), International Handbook of Education for the Changing World of Work, DOI 10.1007/978-1-4020-5281-1 4. Bonn: Springer.

Jonassen, D. H. (2011). Learning to solve problems: A handbook for designing problem-solving learning environments. New York: Routledge

Lave, J., & Wenger, E. (1990). Situated Learning: Legitimate peripheral participation. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Mercer, J. & Clyton, D. (2012). Psikologi sosial. (Terjemahan Noermalasari Fajar Widuri). Jakarta: Erlangga.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd edition). Arizona: SAGE Publications, Inc.

Mudjiman, Haris. (2007). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Nolker, H., & Schoenfeldt, E. (1983). Pendidikan Kejuruan: Pengajaran, Kurikulum Perencanaan. Jakarta: PT Gramedia.

Notoadmodjo. (2005). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19, Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purba, M. (2009). Teropong wajah SMK di Indonesia. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Sudira, Putu & Hasnah, Nur. (2006). Pembelajaran di SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Suwarman & Pardjono. (2014). Pengelolaan praktik kerja industri pada Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Se-Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, Februari 2014. Hal 83-95.

Tjahjono, G. (2011). Kompetensi dasar siswa sekolah menengah kejuruan program studi keahlian teknik ketenagalistrikan. Disertasi doktor, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Waluyo, Minto. (2013). Psikologi Industri. Jakarta: Akademia Permata.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i1.821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : volt.jipte@untirta.ac.id, abi.mustofa@untirta.ac.id, m.abihamid@gmail.com
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170