Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika

Mustofa Abi Hamid

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis TIK pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika (DLE) di jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang. Instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis TIK ini digunakan untuk  mengungkap hasil belajar siswa yang sesungguhnya secara akurat dengan sistem tes komputerisasi menggantikan penilaian konvensional berbasis kertas (paper based test). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R and D) dan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Jenis data yang diperoleh berupa data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan validitas dan praktikalitas instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis TIK. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Validitas instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis TIK dinyatakan sangat valid pada aspek desain produk dan aspek isi/materi, (2) Praktikalitas instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis TIK berdasarkan respon guru dan siswa dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis TIK ini valid dan praktis untuk dimanfaatkan sebagai alat evaluasi atau penilaian hasil belajar pada pembelajaran DLE.

Keywords


DLE, Instrumen Penilaian, Praktikalitas, TIK, Validitas.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. (2003). Classroom assessment: Enhancing the quality of teacher decision making. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Inc.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2006). The systematic design of instruction (4th Ed.). New York: Haper Collins College Publishers.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational research: An introduction . New York: Longman Group Publishing.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2012). Measurement and assessment in teaching. New Jersey: Pearson Higher Education

Mukhtar. (2011). Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Gaung Persada Press.

Munir, T. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Pawasauskas, J., Matson, K. L., & Youssef, R. (2014). Transitioning to computer-based testing. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 6(2), 289–297. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2013.11.016

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, S. (2012). Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.

Wahidmurni, M., Mustikawan, A., & Ridho, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktek. Yogyakarta: Nuha Litera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal VOLT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © Sultan Ageng Tirtayasa University (Untirta). All rights reserved. p-ISSN 2528-5688  | e-ISSN 2528-5696

web
analytics View My Stats

Flag Counter