Menyiapkan Pendidikan Kejuruan Berbasis Kearifan Lokal yang Berdaya Saing

Muhammad Nurtanto, Sulaeman Deni Ramdani

Abstract


Penyelenggaraan pendidikan kejuruan selayaknya memperhatikan kearifan lokal masing-masing daerah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan yang tepat dan solutif untuk menjawab tantangan persaingan global yang saat ini menjadi pusat perhatian, yaitu pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Adanya penyelenggaraan pendidikan yang sesuai dengan potensi daerah akan memicu pertumbuhan perekonomian masyarakat lokal, sehingga setiap daerah mampu bersaing sesuai dengan karakteristik dan keunikan daerah masing-masing. Beberapa hal penting yang selayaknya menjadi pertimbangan dalam pengembangan pendidikan kejuruan di setiap daerah yaitu karakteristik daerah, regulasi pemerintah daerah, kesadaran masyarakat, kesiapan sekolah, dan karakteristik industri setempat. Kelima aspek tersebut sangat penting untuk dijadikan dasar pengembangan pendidikan kejuruan agar menghasilkan penyelenggaraan pendidikan kejuruan berbasis kearifan lokal yang mampu mencetak lulusan yang kompeten dan kompetitif.

Keywords


Daya Saing, Kearifan Lokal, Pendidikan Kejuruan, Vokasional.

Full Text:

PDF

References


Britto, P. R. (2012). School readiness: A conceptual framework. New York: Education Section, Programme Division, United Nations Children’s Fund.

Daramola, C. O. (2006). Education And Society: What Type Of Relationship?. Ilorin: Education Foundations.

Maekae, J., & others. (2013). The Role Of Education In National Development: Nigerian Experience. European Scientific Journal, 9(28). Diambil dari http://search.proquest.com/openview/b0c61ca8a61cb9c3fce133551f568420/1?pq-origsite=gscholar

Maskan, M., Suparlan, H. B., Utaminingsih, A., & Djajanto, L. (2014). Paired Industrial Role in the Implementation of Dual System Education to Shape the Work Adaptability of Vocational High School Students in Greater Malang. Prosiding International Conference on Integration for Regional Public Management (ICPM). Atlantis Press. Diambil dari http://www.atlantis-press.com/php/download_paper.php?id=13418

Nurtanto, M. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis Problem-Based Learning Kompetensi Dasar Sistem Pengapian Konvensional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa SMK Ma’arif Salam. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Poerwadarminta. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Ratnata, I. W. (2012). Konsep Pemikiran dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi untuk Menghadapi Tuntutan Dunia Kerja. Aptekindo, 6(1). Diambil dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/view/11

Slamet, P. H. (2013). Pengembangan SMK Model untuk Masa Depan. Cakrawala Pendidikan, 5(1). Diambil dari http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1256




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i1.856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : volt.jipte@untirta.ac.id, abi.mustofa@untirta.ac.id, m.abihamid@gmail.com
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170