INTEGRATED INTERPERSONAL STRATEGY UNTUK MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN DI KELURAHAN CURUG, KOTA SERANG

Yeni Widyastuti, Listyaningsih Listyaningsih

Abstract


Program kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah saat ini telah berfokus pada penguatan prakarsa dan partisipasi masyarakat, tidak hanya bersifat delivery approach atau top down. Model pemberdayaan petani dengan strategi yang terintegrasi dan diterapkan untuk seluruh anggota keluarga petani (interpersonal integrated strategy) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga. Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang memaksimalkan potensi lahan pekarangan dan dikelola melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) dan salah satu bagian kegiatan KRPL yaitu kebun sekolah yang melibatkan anak-anak serta program bantuan yang diberikan untuk Kelompok Tani (Poktan) yang beranggotakan para kepala keluarga (laki-laki), merupakan contoh program yang saling terintegrasi dan melibatkan peran seluruh anggota keluarga yaitu ayah, ibu dan anak-anak. Hasil penelitian yang dilakukan di Kelurahan Curug, Kota Serang menunjukkan bahwa masing-masing anggota keluarga merasakan keterlibatan serta manfaat berupa ketersediaan cadangan pangan keluarga, jenis pangan yang bergizi dan beragam, tambahan penghasilan keluarga, serta manfaat ekonomis lainnya. Beberapa kendala yang masih ditemukan adalah kesesuaian waktu pemberian bantuan dengan musim tanam, keterlibatan pihak kelurahan serta perlunya keterlibatan stakeholder terkait misalnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pemberian bantuan alat-alat pertanian dan pemberian pelatihan pra dan pasca produksi pangan.

Keywords


keluarga, ketahanan pangan, strategi

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jap.v10i1.5983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Administrasi Publik

Jurnal Administrasi Publik site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 JAP, Jurnal Administrasi Publik. Journal is published by Laboratorium Administrasi Publik FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jalan Raya Palka Km 3, Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten 42163, Indonesia. Telepon: Telp: (0254) 280330 ext. 228, Email: jap@untirta.ac.id | Click to access: Jurnal Administrasi Publik

 

ISSN 2087-8923 | e-ISSN 2549-9319

Published by Jurnal Untirta, part of the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

 

 

Klik disini untuk melihat Grafik Stat Counter: