KONFLIK DALAM PEMANFAATAN SUMBER DAYA DI PESISIR TELUK BANTEN

Juliannes Cadith

Abstract


Konflik  sudah merupakan bagian dari kondisi yang terjadi di wilayah pesisir  Teluk Banten. Karena begitu banyak kepentingan yang terlibat  dalam pemanfaatan sumber daya pesisir Teluk Banten, pengelolaan wilayah pesisir Teluk Banten   perlu dibangun berdasarkan pada pemahaman dan penyelarasan berbagai kepentingan tersebut, Tujuan dari penelitian adalah  untuk mengetahui peta konflik dalam pemanfaatan sumber daya pesisir, Penyebab konflik dalam pemanfaatan sumber daya pesisir serta  resolusi konflik yang efektif dalam menyelesaikan konflik  pemanfaatan sumber daya  di pesisir   Teluk Banten. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif - kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konflik yang terjadi dapat dikelompokan menjadi konflik antara masyarakat dengan masyarakat, pemerintah dengan masyarakat  dan Konflik antara swasta dengan masyarakat, dimana masing konflik tersebut mempunyai karasteristik yang berbeda. Sumber atau penyebab konflik di pesisir Teluk Banten adalah ;   a. Perubahan karasteristik wilayah pesisir  yang semula open acces menjadi “controlled access”, b. Perbedaan Kepentingan, c. Tujuan Bersaing  yang memicu persaingan pemanfaatan ruang  d.Kerusakan atau degradasi lingkungan, e. Pembatasan akses serta  Ketidak adilan pemerataan  hasil pembangunan yang dilihat sebagai ketidak seimbangan pemanfaatan ruang. Penyelesaian konflik di pesisir Teluk Banten dapat mengunakan metode     coercion , arbitaration , mediation, compromise, hingga Adjudication sesuai sesuai dengan karasteristik konflik yang dihadapi.


Keywords


konflik, Sumber daya pesisir, pengelolaan, Teluk Banten

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jap.v10i2.6929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Administrasi Publik

Jurnal Administrasi Publik site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 JAP, Jurnal Administrasi Publik. Journal is published by Laboratorium Administrasi Publik FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jalan Raya Palka Km 3, Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten 42163, Indonesia. Telepon: Telp: (0254) 280330 ext. 228, Email: jap@untirta.ac.id | Click to access: Jurnal Administrasi Publik

 

ISSN 2087-8923 | e-ISSN 2549-9319

Published by Jurnal Untirta, part of the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

 

 

Klik disini untuk melihat Grafik Stat Counter: