STRATEGI KEBERHASILAN USAHA HOME INDUSTRY SEPATU DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT

Sarah Fauziah Audina, Muhtadi Muhtadi

Abstract


Many companies in Indonesia are competing to become superior companies and they have to fight hard to keep their business going. This study aims to determine what strategies are used to maintain its business and see if the presence of home industry shoes is able to empower the surrounding community. Through the process of interviewing and observation, it can be seen that the strategy of business sustainability using assets nirwujud sustainable business. The results showed that the strategy undertaken by shoe home industry owned by Mr. Haryono able to survive until now by applying the strategy of micro and mezzo aras. As well as the stages of empowerment as well as through the Business Sustainability Indicators where the business sustainability index is divided into three parts namely, (1) the index of business sustainability on the ecological dimension, (2) the index of business sustainability on the economic dimension and, (3) the index of business sustainability on the social dimension. Mr. Haryono has also succeeded in empowering the surrounding community by changing their mindset by providing motivation so that some of their former employees are also able to capitalize the business with the skills acquired during work in the home industry of Mr. Haryono's shoes.


Keywords


Home Industry, Community Empowerment, Business Sustainability

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. 2012. Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Efendy, Onong Uchjana. 1999. Ilmu Komunikasi Teory dan Praktek.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Hardiansyah, Haris. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif: untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

J. Panglaykim. 2011. Pikiran dan Gagasan J. Panglaykim Prinsip-Prinsip Kemajuan Ekonomi.Jakarta: PT. Kompas Gramedia.

Kasmir. Kewirausahaan. 2006. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Jauch, Lawrrence R. dan William F. Glueck. 1988. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Machendrawaty, Nanih dan Agus Ahmad Safei.2001. Pengembangan Masyarakat Islam: Dari Ideologi, Strategi, sampai Tradisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murtopo,Ali. 1987. Strategi Kebudayaan.Jakarta: CSIS.

Nasuhi, Hamid, dkk. 2007. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (skripsi, tesis dan disertasi). Ceqda UIN Jakarta.

Pearce dan Robinson. 2008. Manajemen Stratgeis Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Rachmiyati, Etty, dkk. 2011. Pedoman Umum Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan. Jakarta: Kementrian Sosial Direktorat Jendral Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan.

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat.2011. Metodologi Penelitian. Bandung: CV Mandar Maju.

Siagian, Sondang. 1986. Analisis Serta Perumusan Kebijaksanaan dan Strategi Organisasi.Jakarta: PT. Gunung Agung.

Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen Stratejik.Jakarta: Bumi Aksara.

Sihite, Mombang dan Ernie Tisnawati Sule. 2017.Sustainable Business Performance Strategy: A Modern Strategic Management Approach. Jakarta: BEE Management Consultan

Steinner, Georfe, dan John Minner.2002. Manajemen Startejik. Jakarta: Erlangga.

Sudrajad. 2012. Kiat Mengentaskan Pengangguran dan Kemiskinan Melalui Wirausaha. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono.2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Pemberdayaan Rakyat, Kajian Strategis Membangun Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sulistiyani, Ambar Teguh. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Suryana.2009.Kewirausahaan, Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Suryana, Yunus dan Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan Pendekatan Karateristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

Supriyono.1985. Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan Bisnis. Yogyakarta: BPFC.

Suwartono.2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Syani, Abdul. 1987. Manajemen Organisasi. Jakarta: Bina Aksara.

Prawirokusumo, Soeharto. 2010. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.

Yusanto, M. Ismail dan M. Karebet Widjaja Kusuma. 2002. Pengantar Manajmen Syarih. Jakarta: Khairul Bayan.

Yusuf, Rasid. 2000. Kewirausaan Konsep Dan Praktek Membangun Mental Pengusaha. Jakarta: Yayasan Mpu Ajar Artha.

Sumber Wawancara:

Wawancara Pribadi dengan Bapak Hasyim selaku Sekertaris RW 08. Jakarta, 5 Mei 2017.

Wawancara Pribadi dengan Bapak Haryono. Jakarta, 3 Agustus 2017.

Wawancara Pribadi dengan Bapak Ipul. Jakarta, 3 Agustus 2017.

Wawancara Pribadi dengan Bapak Karyo. Jakarta, 3 Agsutus 2017.

Wawancara Pribadi dengan Bapak Jumadi. Jakarta 3 Agustus 2017.

Wawancara Pribadi dengan Bapak Deni. Jakarta, 5 Agustus 2017.

Wawancara Pribadi dengan Bapak Anto. Jakarta, 5 Agustus 2017.

Wawancara Pribadi dengan Bapak Ivan. Jakarta 5 Agustus 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jat.v12i1.5539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sarah Fauziah Audina, Muhtadi Muhtadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office

Jurnal Agribisnis Terpadu

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM. 03 Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang,

Provinsi Banten 42163 Telp. (0254) 3204321

Email: agribisnis@untirta.ac.id