Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Sadari Kopi Di Kota Surakarta

Salman Alfarisi, Nuning Setyowati, Setyowati Setyowati

Abstract


This research aims to analyze the influence of brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty on Purchase Decision of Sadari Kopi Coffee Products in Surakarta. The basic method of this research is descriptive analysis and survey. Determination of the research area using a purposive method, while determination of the sample using a non – probability sampling method with purposive sampling type. The sample consists of 100 respondents. The data collection tool uses a questionnaire distributed directly to respondents. Instrument testing (validity and reliability test) and data analysis (multiple linear resression analysis, classic assumption test, hypothesis test) using SPSS 25.0. The result proved that brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty simultaneously have a positive influence on purchase decision of Sadari Kopi coffee products in Surakarta. Brand association and brand loyalty partially has a positive effect on purchase decision of Sadari Kopi coffee products in Surakarta, but brand awareness and perceived quality partially has no significant effect on purchase decision of Sadari Kopi coffee products in Surakarta. Consumer loyalty can be increased by creating a member card and loyalty program. Sadari Kopi is expected to maintain and enhance brand associations by increasing the perception of positive value to consumers through coffee to go concept. This can be enhanced by introducing and educating the concept of coffee to go through the Sadari Kopi social media account.


Keywords


Brand Equity, Purchase Decision, Sadari Kopi, SPSS

Full Text:

PDF

References


Panggabean, E. 2011. Buku Pintar Kopi. Jakarta: PT Agro Media Pustaka.

International Coffee Organization. 2017. Konsumsi Kopi Indonesia 2000-2016. www.ico.org. Diakses pada 16 Juni 2019.

Tirto.ID. 2019. Kopi Susu Kekinian: Di Antara Dana Besar, Modal Ventura, dan Tren. www.tirto.id. Diakses tanggal 26 Mei 2019.

Yenata, S.T., dan Herawati, F.A. 2014. Pengaruh Tingkat Ketertarikan pada Desain Logo dan Nama Merek Terhadap Brand Image (Studi Eksplanatif Mengenai Pengaruh Tingkat Ketertarikan pada Desain Logo dan Nama Merek Terhadap Brand Image Zupparella). Skripsi pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta : Tidak Diterbitkan.

Susanto, A.B. dan Wijanarko, H. 204. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: PT Mizan Publika Jakarta.

Aaker, D.A. 2003. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Jakarta: Prentice Hall.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2010. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2012. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2013. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yamin, S. dan Kurniawan, H. 2011. SPSS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap deSngan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.

Arifin, J. 2007. SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ghozali. 2014. Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 22. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Santoso, A.N. 2017. Fungsi Coffee Shop Bagi Perempuan Penikmat Kopi

(Studi Deskriptif Di Coffee Shop Hoomee Surabaya). Jurnal Antropologi, 6(1): 13–25.

Pinasti V. I. S., dan Pramita. D. A. 2016. Nongkrong di Warung Kopi Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa di Mato Kopi Yogyakarta. Jurnal Sosiologi, 1(1): 1-12.

Said, I. 2017. Warung Kopi dan Gaya Hidup Modern. Jurnal Al – Khitbah, 3(1): 33 – 47.

Prasetyo, E. 2011. Fundamental Ekonomi. Jakarta: Back Offset.

Algesheimer, R., Dholakia, U.M., dan Herrman, A. 2005. The Social Influence of Brand Community: Evidence from European Car Clubs. Journal of Marketing, 69: 19 – 34.

Pratama, F. dan Munandar, J.M. 2010. Analisis Brand Equity Pocari Sweat dalam Persaingan Industri Minuman. Jurnal Manajemen dan Organisasi,

(1): 1-6.

Nazaruddin, A. dan Putra, M.F.R 2015. Analisa Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Semen Pt. Semen Baturaja Pada Masyarakat Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 11(2): 115–132.

Kusno, F., Radityani, A., dan Kristanti, M. 2007. Analisa Hubungan Brand Strategy Yang Dilakukan Goota Japanese Charcoal Grill and Cafe Dan Brand Equity Yang Sudah Diterima Konsumen. Jurnal Manajemen Perhotelan, 3(1): 43–56.

Wiastuti, R.D., dan Kimberlee, S. 2018. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta. Jurnal Pariwisata, 5(2): 113-146.

Widjaja, M., Wijaya, S., dan Jokom, R. 2007. Analisis Penilaian Konsumen Terhadap Ekuitas Merek Coffee Shops Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 3(2): 89-101.

Nazaruddin, A. dan Putra, M.F.R 2015. Analisa Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Semen Pt. Semen Baturaja Pada Masyarakat Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 11(2): 115–132.

Budiasih, Y. 2014. Dimensi Ekuitas Merek (Brand Equity) dan Keputusan Pembelian Produk Mie Cepat Saji di Kota Depok. Jurnal liquidity, 31 (1): 77-85.

Hidayah, T.N. dan Rianto, S. 2016. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Produk Kapal Api White Coffee di Kabupaten Brebes. Jurnal Bisnis Dan Manjemen, 4(2): 177-201.

Etriya, Sumarwan. U., dan Kirbrandoko. 2004. Analisis Ekuitas Berbagai Merek Minyak Goreng. Jurnal Manajemen Agribisnis, 2 (1): 127 – 139.

Maula, N. dan Edwar, M. 2014. Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Pada Shop in Shop di Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(1): 13–25.

Rachman, R. 2015. Ekuitas Merek Batik Bangkalan dan Resepsi Masyarakat Madura. Jurnal KANAL, 4(1): 45-62.

Hidayah, T.N. dan Rianto, S. 2016. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Produk Kapal Api White Coffee di Kabupaten Brebes. Jurnal Bisnis Dan Manjemen, 4(2): 177-201.

Suharyani. 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 3(1): 1-13.

Zulkarnain, A., Suroso, I., dan Indraningrat, I. 2014. Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Pembelian Donat Dk Cafe di Jalan Kalimantan Jember. Skripsi pada Universitas Jember : Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jat.v12i2.6777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Salman Alfarisi, Nuning Setyowati, Setyowati Setyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office

Jurnal Agribisnis Terpadu

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM. 03 Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang,

Provinsi Banten 42163 Telp. (0254) 3204321

Email: agribisnis@untirta.ac.id