APPLICATIONS OF ORGANIC FERTILIZER AND SEED TREATMENT OF CABBAGE IN LOWLAND AREAS JAMBI PROVINCE

Salwati ., Yardha .

Abstract


ABSTRACT

Permintaan terhadap sayuran organik telah meningkat pesat sejalan dengan pekembangan informasi dan pengetahuan tentang perlunya mengkonsumsi makanan sehat. Teknologi pertanian organik baru saja diadopsi petani sayur di kota Jambi. Karena itu, petani sayur memerlukan bimbingan melalui percontohan dan penyampaian informasi teknologi. Riset aksi tentang sistem pertanian organik tanaman selada dilakukan di kota Jambi dari September hingga Februari 2007. Beberapa paket teknologi telah diterapkan dan diuji yaitu: perlakuan benih (tanpa dan dengan Nutrifam SD), pupuk organik (Bio-super active, Jus Bumi, Nutrifarm AG, Botani and Bokasi+manure+botani). Percobaan ditata dalam Rancangan Acak Kelompok dengan perlakuan faktorial dan pengaruhnya dianalisis dengan uji beda nyata Duncan (DNMR). Parameter pengamatan meliputi jumlah daun, luas daun, lebar tanaman, tinggi tanaman, biomassa tamanan, dan tingkat serangan hama dan penyakit. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan benih tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman. Pupuk organik bitani memberikan pengaruh nyata terhadap bobot tanaman (1,45 kg), tinggi tanaman (15,73 cm), luas daun (57,94 cm2) dan tingkat serangan hama/penyakit (8,67%. Sistem pertanian organik memiliki prospek sangat cerah untuk dikembangkan.

Kata kunci: Selada, Propinsi Jambi , sistem pertanian organik


Keywords


Selada, Propinsi Jambi , sistem pertanian organik

Full Text:

PDF

References


Anonimous, 2005. Pupuk organik Nutrifarm SD dan Nutrifarm AG. Panduan lengkap Product Amway. Amindoway Jaya. Jakarta.

Edmond, J.B., T L Senn, F.S. Andrews, dan R. G Halfacre. 1975. Fundamental of Horticulture. Tata Mc Graw-Hill Publishing Company Ltd. New Delhi. India.

Hardiyanto, R. 2005. Dukungan Teknologi Budidaya Organik Tanaman Pangan dan Hortikultura di Kawasan Jawa Timur. Web BPTP Jawa Timur. http:// www.bptp-jatim.litbang.deptan.go.id/templates/dukung teknologi.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Jambi. 2005. Kota Jambi Dalam Angka Tahun 2004. Bappeda-BPS Jambi.

Ichwan B., Y. Gernawi, Irianto dan Y.G. Armando. 1997. Uji Adaptasi Beberapa Varietas Kubis Dataran Rendah di Propinsi Jambi. Lembaga Penelitian Universitas Jambi dan Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi.

Martino D. 2006. Jus Buni. Cairan Organik Penyubur Ekosistem. Lembaga Penelitan dan Pelayanan Teknologi Universitas Jambi.

Mugiyanto and Lutfi Izhar. 2007. Rancang Bangun Prima Tani Kota Jambi Berbasis Sayuran. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi. Tidak dipublikasikan.

Mugiyanto, Firdaus, Syafriedi. and Lindayanti, 2006. Participatory Rural Appraisal di Sentra Sayur Jambi, Pal Merah Jambi. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi. Unpublish.

Parnata. 2004. Pupuk Organik Cair, Aplikasi dan Manfaatnya. Agromedia Pustaka.

Risema, W. T. 1993. Pupuk dan Cara Pemupukan. Bharata. Jakarta.

Siemonsma, J.S. dan K. Piluek. 1994. Plant Resources of South-East Asia: Vegetables. Prosea. Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/j.agrtek.v1i1.568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Agroekoteknologi

 

INDEXED BY:

      

 

   crossref-logo-landscape-200 


View My Stats Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.