ANALISIS BANJIR SUNGAI CISADANE (Studi Kasus Ruas Sungai Jalan Tol Jakarta – Merak KM 19 sampai dengan Bendung Pasar Baru)

Restu Wigati, Amatullah Radhiyah

Abstract


DAS Cisadane merupakan salah satu DAS di Provinsi Banten dan Jawa Barat dengan daerah tangkapan seluas 1.411 km2. Daerah tangkapan yang luas dan konversi lahan yang tinggi menyebabkan potensi banjir di wilayah DAS Cisadane.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi terjadinya banjir pada ruas sungai jalan tol Jakarta – Merak km 19 sampai dengan bendung Pasar Baru terhadap debit banjir rencana Q50 dan Q100 serta memberikan usulan penanganannya. Penelitian ini menggunakan data hujan yang diperoleh selama 16 tahun, peta DAS Cisadane, gambar penampang melintang dan memanjang sungai Cisadane. Analisis debit banjir rencana menggunakan Metode Hasper, Melchior, HSS Nakayasu, dan HSS Snyder. Perhitungan debit rencana tersebut digunakan untuk menganalisis banjir menggunakan program HEC-RAS di 20 titik tinjauan.

Hasil penelitian menunjukkan debit banjir Q50 sebesar 2529,235 m3/det dan Q100 sebesar 2740,577 m3/det dimana pada semua lokasi titik tinjauan mengalami banjir. Upaya penanganan banjir yang dapat dilakukan untuk jangka pendek yaitu dengan melakukan normalisasi alur sungai dan pembangunan tanggul, untuk jangka panjang perlu dilakukan upaya konservasi lahan pada daerah aliran sungai, eko – hidraulik, regulasi, beserta pemeliharaannya.

Keywords


Analisis Banjir, Sungai Cisadane, HEC – RAS

Full Text:

Docx


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v3i2.1627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft