PENGARUH RANTAI PASOK TERHADAP KINERJA KONTRAKTOR DI PROVINSI BANTEN DAN DKI JAKARTA

Irma Suryani, Andi Maddeppungeng, Oktaviani Kiki Amarilis

Abstract


Kesuksesan suatu proyek konstruksi yaitu dengan mengevaluasi kinerja kontraktor. Dimana proyek konstruksi melibatkan banyak pihak. Pihak-pihak yang terlibat dalam proses konstruksi tersebut secara tidak langsung membentuk rantai pasok yang kompleks. Untuk itu diperlukan analisis yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor rantai pasok dan pengaruhnya terhadap kinerja kontraktor. Faktor-faktor rantai pasok yang dianalisis yaitu aliran informasi, aliran material dan aliran finansial.

Penelitian ini menggunakan metode survey dengan penyebaran kuisioner kepada responden yaitu staff yang bekerja di perusahaan kontraktor, kemudian data kuisioner tersebut dianalisa dengan uji validitas, reliabilitas dan normalitas, uji multikolinieritas, analisis konfirmatori dan analisis model persamaan struktural dengan bantuan program SPSS v.20 dan AMOS v.21.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat 24 indikator rantai pasok yang berpengaruh terhadap kinerja kontraktor di Provinsi Banten dan DKI Jakarta. Aliran informasi dan material berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja kontraktor, dimana aliran informasi berpengaruh lebih kuat (0,725) terhadap kinerja kontraktor dibandingkan aliran material (0,471). Sedangkan aliran finansial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja kontraktor

Keywords


Rantai Pasok, Kinerja Kontraktor, SEM, AMOS

Full Text:

Docx


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v3i2.1633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft