ANALISA KINERJA SIMPANG BERSINYAL KEBON JAHE SERANG BANTEN

Arief Budiman, Intan Mardiyana

Abstract


Persimpangan Kebon Jahe merupakan salah satu persimpangan dengan traffic light pada Kota Serang. Permasalahan pada simpang berupa lamanya tundaan sehingga mengakibatkan kemacetan. Kondisi initerlihat pada jam-jam sibuk yaitu pada saat jam masuk kerja dan pulang kerja sehingga perlu dilakukan
penelitian untuk mengurangi kemacetan yang terjadi dan memberikan alternatif untuk meningkatkan kinerja pada simpang.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan survei dilapangan untuk mendapatkan data volume lalu lintas, waktu sinyal dan data geometri yang dibutuhkan untuk kemudian dianalisa dengan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Data arus lalu lintas yang digunakan pada penelitian ini adalah arus lalu lintas tertinggi yang terjadi pada hari kerja.
Hasil penelitian simpang untuk kondisi eksisting menghasilkan derajat kejenuhan (DS) 1,17 dan tundaan (D) 208,10 det/smp. Nilai ini melebihi batas yang disarankan oleh MKJI 1997 untuk simpang bersinyal (DS < 0,75). Ada beberapa alternatif yang digunakan untuk meningkatkan kinerja simpang. Alternatif pertama mengatur ulang sinyal lalu lintas, menghasilkan DS = 0,82 dan tundaan (D) 62,37 det/smp. Alternatif kedua pelebaran geometrik, menghasilkan DS= 0,72 dan tundaan (D) 54,43 det/smp. Alternatif ketiga kombinasi pelebaran geometrik simpang dengan pengaturan ulang sinyal lalu lintas, menghasilkan DS = 0,50 dan tundaan (D) 49,61 det/smp. Alternatif keempat perancangan bundaran, menghasilkan DS = 0,44 dan tundaan lalu lintas (DT) 2,06 det/smp. Indikator dalam menilai kinerja simpang dilihat dari derajat kejenuhan (DS) dan tundaan simpang. Dari empat alternatif yang dicobakan, maka alternatif keempat merupakan alternatif terbaik meningkatkan kinerja


Keywords


Kinerja simpang, tundaan, bundaran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v2i2.1725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft