ANALISA POTENSI LIKUIFAKSI BERDASARKAN DATA SPT (STUDI KASUSPROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BARU UNTIRTA SINDANG SARI )

Enden Mina, Rama Indera Kusuma, Sudirman Sudirman

Abstract


Likuifaksi adalah suatu kejadian dimana tanah kehilangan kekuatan geser karena meningkatnya tegangan air pori akibat terjadinya beban siklik (beban gempa) yang sangat cepat dalam waktu yang singkat.Lokasi
pembangunan gedung baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang terletak di Desa Sindang Sari Kab. Serang dipilih sebagai lokasi penelitian evaluasi potensi likuifaksi dengan menggunakan metode pendekatan data Standart Penetration Test (SPT). Analisa  potensi  likuifaksi  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  nilai  faktor keamanan (FS) yang diperoleh dengan membandingkan  nilai Cyclic  Resistance  Ratio (CRR) dan nilai Cyclic Stress Ratio (CSR),likuifaksi akan terjadi untuk FS lebih kecil dari satu.Berdasarkan hasil analisa profil tanah pada lokasi penelitian, tanah tersebut dominan tanah pasir keras dan padat, hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata nilai N-SPT yang tinggi sehingga menghasilkan nilai CRR yang besar. Nilai CSR pada lokasi penelitian memiliki nilai cukup besar, hal tersebut diakibatkan oleh nilai percepatan gempa yang diperoleh dari perhitungan NERA memiliki nilai rata-rata lebih dari 0,2 g. Faktor keamanan (FS) pada Lokasi Pembangunan Proyek Kampus Baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang terletak di Desa Sindang Sari, Kab. Serang hanya pada titik BH-1 dikedalaman 17,5-19,5 m yang terjadi likuifaksi yaitu dengan nilai 0,91 (FS<1), sedangkan pada titik yang lain aman terhadap bahaya likuifaksi, hal tersebut dibuktikan dengan nilai FS >1.

Keywords


Gempa Bumi, likuifaksi, cyclic stress ratio ( CSR) , cyclic resistance ratio ( CRR) , faktor keamanan ( FS )

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v7i1.3298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft