DETEKSI PERUBAHAN GARIS PANTAI DI KABUPATEN KARANGASEM DENGAN PENGINDERAAN JAUH

Putu Aryastana, I Made Ardantha, Anak Agung Sagung Dewi Rahadiani, Kadek Windy Candrayana

Abstract


Deteksi perubahan garis pantai sudah secara luas dilakukan dengan memanfaatkan teknologi pengideraan jauh. Pemanfaatan satelit penginderaan jauh dalam deteksi dan monitoring perubahan garis pantai sudah banyak dilakukan, yaitu dengan menggunakan citra dari Landsat, IKONOS, IRS, Quickbird, dan WordView. Pada penelitian ini dilakukan deteksi perubahan garis pantai dengan dengan menggunakan 2 (dua) citra satelit yaitu citra satelit SPOT 5 tahun 2009 yang memiliki resolusi spasial 10 m dan SPOT 6/SPOT 7 tahun 2015 yang memiliki resolusi hingga 1.5 m untuk wilayah pantai di Kabupaten Karangasem. Hasil deteksi menunjukkan rata-rata perubahan garis pantai yang terjadi di Kabupaten Karangasem adalah sebesar 12.04 m, sedangkan rata-rata laju erosi pantai yang terjadi di Kabupaten Karangasem adalah sebesar 1.72 m/tahun.

Keywords


deteksi, Karangasem, satelit, SPOT

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v7i2.4079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft