Evaluasi Kinerja Antrian Pada Loket Penumpang Pelabuhan Merak Banten

Dwi Esti Intari, Hendrian Budi Bagus Kuncoro, Ari Eka Saputri

Abstract


Pelabuhan penyeberangan merak yang terletak di provinsi banten adalah pelabuhan umum yang melayani penyeberangan antara ujung barat pulau jawa dengan ujung selatan pulau sumatera. Pelabuhan merak merupakan pelabuhan umum yang sangat vital menggerakkan roda ekonomi Indonesia.

 Loket pelabuhan merupakan fasilitas yang berfungsi melayani penumpang pembeli tiket untuk pelayaran, baik jarak dekat atau jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja pelayanan pada loket penumpang pelabuhan merak banten, mengetahui waktu pelayanan optimal loket penumpang pelabuhan merak banten dan memberikan rokemendasi apabila antrian penumpang pelabuhan merak banten sudah jenuh. Metode analisa antrian yang dipakai adalah teori antrian fifo. Disiplin antrian fifo sangat sering digunakan dalam bidang transportasi dimana orang dan/atau kendaraan yang pertama tiba pada suatu tempat pelayanaan akan dilayani pertama. Sebagai contoh disiplin fifo yaitu antrian kendaraan yang terbentuk di depan loket penumpang.

Berdasarkan hasil penelitian dan indikator kinerja loket  (ρ < 1) dapat diketahui bahwa kinerja loket penumpang tersebut sudah jenuh sebesar 2,48 pada waktu pelayanan loket eksisting 39,53 detik/penumpang maupun waktu pelayanan loket ideal 15,96 detik/penumpang. Maka waktu pelayanan loket eksisting 39,53 detik/penumpang total jumlah penumpang yang mengantri sebanyak 19 penumpang dengan lama waktu mengantri sebesar 303,89 detik. Untuk meningkatkan kinerja pelayanan, dilakukan alternatif penambahan loket penumpang sebanyak 1 buah loket dengan waktu pelayanan loket ideal 15,96 detik/penumpang dan nilai kinerja sebesar 0,8.

Keywords


Loket Penumpang, Kinerja, Waktu Pelayanan, FIFO

Full Text:

PDF

References


Adi, Kadek. 2015 . Evaluasi Kapasitas dan Waktu Pelayanan Pada Gerbang Tol Nusa Dua, Bandung – Bali. Politeknik Negeri Bali : Bali.

Gusnawan, Sketsa. 2017. Evaluasi Kinerja Existing dan Pengaruh Pembukaan Jalan Tol Trans Sumatera Pada Gerbang Tol Pelabuhan Bakauheni, Universitas Sultan Ageng Tirtayaa: Banten.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, 2008. Undang – Undang Republik Indonesia No. 17 tahun 2008 Tentang pelayaran .Jakarta

Morlock, Edward K. 1988 . Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi .Erlangga : Jakarta.

Tamin, Ofyar Z. 2003 . Perencanaan dan pemodelan transportasi Contoh Soal Dan Aplikasi . Edisi Kesatu . Institut Teknologi Bandung : Bandung.

Wahyu, Hendra. 2015 . Evaluasi Panjang Antrian Kendaraan Pada Pelayanan Parkir Dengan atau Tanpa Perubahan Pintu Keluar Parkir Solo Grand Mall. Universitas Sebelas Maret : Surakarta.

Wijoyo, Pius Honggo. 2012. Terminal Penumpang Kapal Laut Pelabuhan “Harbour Bay” Pulau Batam. Universitas Atma Jaya : Yogyakarta

Yudhistira, Fariz. 2016 . Evaluasi Kinerja dan Pelayanan Antrian Penumpang di Loket Pembelian Tiket Pelabuhan Bakauheni. Universitas Sultan Ageng Tirtayaa: Banten.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v8i2.6665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft