Analisis Motivasi Pekerja Bangunan pada Proyek Konstruksi Bangunan Apartemen

Vincent Zetaria Panjaitan, Ida Ayu Ari Anggraeni

Abstract


Dampak  dari  kualitas dan kuantitas  pekerja  bangunan sangat berpengaruh dalam keberhasilan proyek konstruksi, maka usaha-usaha untuk menjaga dan meningkatkan kualitas dan kuantitas  pada  pelaksanaan  proyek  konstruksi  sangat  diperlukan. Salah satu usaha dalam menjaga kualitas dan kuantitas pekerja bangunan adalah dengan adanya pemberian motivasi pada pekerja bangunan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis motivasi pekerja bangunan proyek konstruksi apartemen. Adapun teori yang digunakan adalah Teori Maslow dan Teori Herzberg. Penelitian dilakukan pada lima bangunan apartemen dengan menggunakan kuisioner. Kuisioner di bagikan kepada 158 responden. Pengolahan data dengan mencari Relative Index, kemudian mewawancara Pakar. Hasil yang di dapatkan adalah tingkat kebutuhan pekerja bangunan adalah Physiological Needs (kebutuhan fisik), urutan pertama motivasi adalah ketepatan penerimaan gaji dengan Relative Index 0.948 , kedua adalah upah yang baik dengan Relative Index 0.918 dan ketiga adalah bonus dan upah tambahan dengan Relative Index 0.915. Alternatif yang dapat direkomendasikan adalah program keselamatan kerja yang baik dengan Relative Index 0.908, hubungan yang baik dengan sesama pekerja dengan Relative Index 0.872, dan tanggung jawab atas pekerjaan dengan Relative Index 0.867.


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v9i1.7232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft