Perancangan Manajemen Pemeliharaan Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Merley Misriani, Riswandi Riswandi, Satwarnirat Satwarnirat, Rahmi Hidayati, Puti Bungsu Fauziah Akmal

Abstract


Suatu gedung tidak akan lepas namanya dari pemeliharaan gedung. Perencanaan peme

Suatu gedung tidak akan lepas namanya dari pemeliharaan gedung. Perencanaan pemeliharaan seharusnya sudah ada sejak perancanaan gedung itu direncanakan untuk mempermudah proses pekerjaan pemeliharaan di masa akan datang. Pada Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas belum memiliki sistem pemeliharaan gedung sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem manajemen pemeliharaan Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, merencanakan penjadwalan kegiatan pemeliharaan dan struktur organisasi. Tahap awal yang dilakukan dengan mendata komponen pemeliharaan arsitektur, struktur, mekanikal, eletrikal dan tata ruang luar. Jadwal pemeliharaan terbagi dari rutin harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Struktur organisasi pada Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terdiri dari Building Manager, Kepala Bagian Teknik, Kepala Bagian Tata Graha, dan Kepala Bagian Layanan  Pelanggan. Maka dari hasil penelitian bisa dijadikan acuan, masukan atau saran bagi pihak yang berkepentingan.

liharaan seharusnya sudah ada sejak perancanaan gedung itu direncanakan untuk mempermudah proses pekerjaan pemeliharaan di masa akan datang. Pada Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas belum memiliki sistem pemeliharaan gedung sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem manajemen pemeliharaan Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, merencanakan penjadwalan kegiatan pemeliharaan dan struktur organisasi. Tahap awal yang dilakukan dengan mendata komponen pemeliharaan arsitektur, struktur, mekanikal, eletrikal dan tata ruang luar. Jadwal pemeliharaan terbagi dari rutin harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Struktur organisasi pada Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terdiri dari Building Manager, Kepala Bagian Teknik, Kepala Bagian Tata Graha, dan Kepala Bagian Layanan  Pelanggan. Maka dari hasil penelitian bisa dijadikan acuan, masukan atau saran bagi pihak yang berkepentingan.


Keywords


Manajemen, Pemeliharaan, Gedung, Komponen, Jadwal

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anonim. 1984. BS 3811. Glossary of Maintenance Management Terms in Terotechnology. British Standards Institute. London : HMSO.

Anonim. 2008. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum: No24/PRT/M/ 2008 Tentang Pedoman Pemeliha-raan dan Perawatan Bangunan Gedung. Direktorat Jendral Cipta Karya. Jakarta: Departemen Pekerja-an Umum.

Anonim. 2009. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29 tahun 2009 Pedoman Persyaratan Teknis Gedung. Direktorat Jendral Cipta Karya. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Ansori, N dan Mustajib, M.I. 2013. Sistem Perawatan Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Barry, Render dan Jay Heizer. 2001. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi : Operations Management. Jakarta : Salemba Empat.

Ervianto, Wulfram I. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi.Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayat Fiqih Maulana, dkk. 2016. Studi Kasus Gedung Sistem Informasi Perawatan dan Perbaikan Plafon Hotel Grasia Semarang. Wahana Teknik Sipil Vol.21 No.1. Semarang.

Jalil, Mohammad Abdul, dkk. 2014. Pemodelan Manajemen Pemeliharaan Komponen Arsitektur Gedung Direktorat Politeknik Negeri Padang Semarang. Wahana Teknik Sipil Vol.19 No 2. Semarang.

Oravetz, J .1996. Building Maintenance. Howard W. Sams & Co., Inc. Indianapolis.

Schuette, Stephen D. dan Roger W. Liska. 1994. Building Construction Estimating. Singapore: Penerbit McGraw-Hill, Inc.

Sehrawat, M.S dan J.S Narang. 2001. Production Management, Nai Sarak: Dhanpahat RAI Co.

Supriyatna, Y. 2011. Estimasi Biaya Pemeliharaan Bangunan Gedung. Majalah Ilmiah UNIKOM Volume 9 No. 2. 2011 : 200-202.

Widiasanti Irika. 2016. Kajian Pengelolaan Pemeliharaan dan Perawatan Gedung Perguruan Tinggi : Studi Kasus Universitas Negeri Jakarta. Jurusan Teknil Sipil. Universitas Negeri Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v9i1.7536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft