ANALISIS KINERJA SUPPLY CHAIN PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DENGAN TINJAUAN PADA PEKERJAAN STRUKTUR

Andi Maddeppungeng, Irma Suryani

Abstract


Pekerjaan struktur dengan sumber daya material, alat, dan tenaga kerja merupakan lingkup pekerjaan yang paling berpengaruh terhadap kinerja supply chain. Hal ini menjadi latar belakang penulis dalam melakukan penelitian tentang kinerja proyek dari pola supply chain yang ada pada proyek konstruksi bangunan gedung dengan tinjauan pada pekerjaan struktur proyek tersebut.
Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data kualitatif dan data kuantitatif pada lokasi studi kasus. Data kualitatif berupa hasil wawancara secara mendalam dan semi terstruktur digunakan untuk mendeskripsikan pola dan setiap indikator kinerja supply chain yang digunakan dalam penelitian ini.
Data kuantitatif berupa memo dan dokumentasi lapangan digunakan untuk mengukur kinerja supply chain pada proyek studi kasus.
Hasil penelitian, menunjukan bahwa pola supply chain yang terjadi pada pekerjaan struktur proyek studi kasus adalah pola umum. Owner pada proyek studi kasus memberikan seluruh paket pekerjaan kepada kontraktor. Kontraktor memberikan beberapa jenis pekerjaan ke subkontraktor dan spesialis. Tingkat fragmentasi yang lebih rendah karena penggunaan pola umum akan mempermudah owner dalam melakukan pengawasan terhadap kontraktor. Kontraktor sudah menerapkan konsep conversion, flow dan value dengan baik. Hal ini dilihat dengan adanya hubungan jangka panjang dengan supplier dan subkontraktor (partnering) untuk konsep conversion, hasil pengukuran kinerja
yang baik untuk indikator yang berkaitan dengan konsep flow dan konsep value dengan adanya konsep pengawasan yang baik sehingga value yang dihasilkan optimal.
Kata Kunci : Supply Chain, Pekerjaan Struktur, Proyek Konstruksi, Kinerja


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v4i1.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft