Ekstraksi Tanin dari Kulit Kayu Pinus dengan Bantuan Microwave:Pengaruh Daya Microwave, Jenis Pelarut dan Waktu ekstraksi

Christina Eka Pratini, Florentina P

Abstract


Tanin merupakan salah satu senyawa kompleks yang terdapat dalam senyawa polifenol yang dapat larut dalam pelarut polar. Tanin didapat dari ekstraksi pada bagian tanaman yang terdapat tanin, seperti pada kulit kayu pinus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh daya microwave, jenis pelarut dan waktu ekstraksi pada proses ekstraksi tanin dengan metode microwave-assisted extraction (MAE) untuk memaksimalkan tanin yang diperoleh dan mengaplikasikan tanin yang diperoleh sebagai adsorben dari bahan alam dalam penyerapan logam Cu dan logam Cd. Proses yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekstraksi padat cair dengan metode microwave-assisted extraction (MAE) menggunakan pelarut aquadest dan etanol pada keadaan daya microwave 100, 180, 300, 450, dan 600 W dan waktu ekstraksi 1, 3 dan 5 menit. Hasil ekstraksi dianalisis dengan spektrofotometer UV-Vis untuk menentukan yield tanin. Selanjutnya ekstrak dengan yield tanin tertinggi dimanfaatkan sebagai adsorben untuk menjerap logam. Konsentrasi logam Cu dan  Cd dianalisis menggunakan AAS. Hasil penelitian menunjukkan yield tanin tertinggi 27,215 mg/g pada daya microwave 100 W dan waktu ekstraksi 3 menit dengan pelarut aquadest. Adsorben dari tanin dapat menjerap logam Cu dan Cd dengan kapasitas adsorpsi masing-masing sebesar 3,508 mg/g dan 5,27 mg/g.


Keywords


Adsorpsi, Kulit kayu pinus, Microwave-assisted extraction, Tanin

Full Text:

PDF

References


Bacelo,Hugo A.M, Silvia C.R. Santos, Cidalia M.S. Botelho. Tanin-Based Biosorbents For Environmental Applications- A review. Chemical Engineering Journal 303. 2016, 575-587.

Chupin, I, S.L. Maunu, S.Reynaud, A. Pizzi, B. Charrier, F, Charrier-EL Bouhtoury. Microwave Assisted extraction of maritime pine (Pinus Pinaster) Bark: Impact of Particel size and characterization. Industrial Crops and Products, 2015, 142-149.

Hasan, Nasir La, Muhammad Zakir, dan Prastawa Budi. 2014. Desilikasi Karbon Aktif Sekam Padi Sebagai Adsorben Hg Pada Limbah Pengolahan Emas Dikabupaten Buru Propinsi Maluku. Jurnal Indonesia Chimica Acta. ISSN 2085-014X. Vol.7.No.2.

Kartikaningsih, Dania, Muhammad Arwan Azan Bachroni, Y.C. Danarto. 2014. Pengambilan Tanin dari Kulit Kayu Bakau dan Pemanfaatannya Sebagai Adsorben Logam Berat Cuprum (Cu) dan Timbal (Pb). ISSN: 1412-4216. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Markom, M., Hasan, M., Daud, W.R.W., Singh, H., dan Jaim, J.M. 2007. Extraction of hydrolysable tannins from Phyllanthus niruri Linn:Effects of solvents and extraction methods, Separation and Purification Technology, 52, pp. 487-496.

Naima, Rhazi., M. Oumam, H. Hannache, B. Charrier, A. Pizzi, dan F. Charrier- El Bouhtoury., Comparison of the impact of different extraction methods on polyphenols yields and tannins extracted from Moroccan Acacia mollissima barks. Industrial Crops and Products. 2015. 245-252

Sulastri, Taty. Analisis Kadar Tanin Ekstrak Air dan Ekstrak Etanol pada Biji Pinang Sirih (Areca Catechu.L). Jurnal Chemical Vol. 10 nomor 1, Universitas negeri Malang: Malang. 2009, hlm 59-63.

Trisdihar, Ansa Ikrar dan Dewi, Nur Kusuma. Penjerapan Timbal (Pb) pada Hati Sapi Menggunakan Daun Jambu Biji (Psidium Guajava L.) (Studi Kasus di TPA Jati Barang). Unnes Journal of Life Science 4 (1) (2015). Semarang, 2015. hal 66-72.

Veggi, Priscilla C, Julian Martinez, dan M. Angela A. Meireles. 2013. Microwave-assisted Extraction for Bioactive Compounds Theory and Practice. ISBN : 978-1-4614-4829-7. Springer.

Widodo, Nanang Tri, Ani Mulyasuryani, dan Akhmad Sabarudin. 2014. Recovery Cu(II) dengan Teknik Ekstraksi Fasa padat Menggunakan Adsorben Silika dari Abu Sekam Padi- Kitosan. Natural B, vol 2, no. 4, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya.

Yuliana, Pristian. Ekstraksi Senyawa Tanin Dan Saponin Dari Tanaman Serta Efeknya Terhadap Fermentasi Rumen Dan Metanogenesis In Vitro. Institut Pertanian Bogor: Bogor. 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jip.v6i4.2429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal integrasi Proses (JIP) has been indexed by:

                                         

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.