PEMANFAATAN BONGGOL PISANG KEPOK (MUSA PARADISIACA L.) SEBAGAI BIOETANOL

Novy Pralisa Putri, Dwi Widia Ningrum, Noviyanti Eka Prahana, Fika Dwi Oktavia

Abstract


Pati bonggol pisang mempunyai potensi yang besar untuk diolah menjadi Bioetanol. Metode yang digunakan yaitu hidrolisis dan fermentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar etanol yang dihasilkan pada fermentasi bonggol pisang dengan menggunakan variasi penambahan volume enzim dan variasi waktu  proses dekstrinisasi maupun sakarifikasi pada proses hidolisis. Bonggol pisang yang telah diambil patinya kemudian dihidrolisis dengan menggunakan variasi penambahan volume enzim α-amilase dan glukoamilase dan variasi waktu pada proses dekstrinisasi maupun sakarifikasi lalu di fermentasi selama 7 hari. Bakteri yang digunakan pada proses fermentasi adalah Saccharomyces Cereviceae. Hasil yang diperoleh dari fermentasi dihitung densitasnya kemudian di konversi ke kadar etanol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar etanol tertinggi didapatkan dengan perlakuan waktu proses dekstrinisasi lebih lama dibandingkan proses sakarifikasi pada proses hidrolisis dengan variasi volume enzim α-amilase dan glukoamilase 1:1 (ml). Hubungan densitas dengan kadar etanol adalah berbanding terbalik dimana semakin kecil densitas maka semakin besar kadar etanol yang didapatkan.


Keywords


Bonggol pisang, Densitas, Hidrolisis, Kadar Etanol

Full Text:

PDF

References


Chang R., Chemistry Ed ke-9, McGraw-Hill, New York,

I Wayan Warsa; Faudzia Septiyani; Camilla Lisna, Bioetanol dari Bonggol Pisang, 2013, 8(1), 37-41.

Khairani, R., Tanaman Jagung Sebagai Bahan Bio-fuel, http://www.macklintmip-unpad.net/Bio-fuel/Jagung/Pati.pdf, (akses 10 Mei 2017).

Mardoni, Perbandingan Metode Kromatografi Gas dan Berat Jenis pada Penetapan Etanol dalam Minuman Anggur, Skripsi, Universitas Sanata Dharma, 2006.

Martin, A., James, S., Arthur C., Dasar-dasar Kimia Fisik dalam ilmu farmasetik Edisi ketiga, Joshita, Universitas Indoesia Press, Jakarta, 1990._Martina, Penggunaan Bioenergi dari Bonggol Pisang menjadiBioetanol, Skripsi, Institut Teknologi Yogyakarta, 2016.

_Perry, R.H.; Green, D., Perry’s Chemical Engineer’s Handbook 7th ed., McGraw-Hill, New York, 2008, hal 91 dan 235.

_Rama Prihandana; Kartika Noerwijan; Praptiningsih Gamawati Adinurani; Dwi Setyaningsih, Sigit Setiadi; Roy Hendroko, Bioetanol Ubi kayu Bahan Bakar Masa Depan, Agromedia, Jakarta, 2007, hal 39.

_Trifosa, D., Konversi Pati Jagung Menjadi Bioetanol, Skripsi, Institut Teknologi Bandung, 2007.

_Voni Yuanita; Yulia Rahmawati, Pabrik Sorbitol dari Bonggol Pisang (Musa Paradisiaca) dengan Proses Hidrogenasi Katalitik, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia http://digilib.its.ac.id/detil.php?id=1870&q=bonggol%20pisang, (akses 10 Mei 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jip.v7i1.2569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal integrasi Proses (JIP) has been indexed by:

                                         

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.