PEMURNIAN MINYAK JELANTAH DENGAN MENGGUNAKAN STEAM PADA KOLOM VIGREK DAN KATALIS ZEOLITE ALAM BAYAH

Rudi Hartono, Endang Suhendi

Abstract


Zeolite alam merupakan bahan adsorben karena mengandung senyawa antioksidan yang dapat menyerap didalamnya. Antioksidan tersebut berguna untuk mengikat pengotor dan membentuk senyawa kompleks yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kuallitas minyak goreng bekas. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh konsentrasi NaOH pada proses netralisasi dan jenis adsorben zeolite alam dalam pemurnian minyak bekas yang akan menurunkan bilangan asam lemak bebas dan juga kepekatan warna dari minyak bekas. Variasi dari percobaan ini yaitu netralisasi dengan konsentrasi NaOH 13%, 15%, dan 17% serta variasi bleaching dengan adsorben zeolite alam 30%, 50%, 70%, 90%. Dari hasil percobaan didapat absorbansi warna terbaik pada konsentrasi NaOH 15% sebesar 4,03 serta bleaching dengan zeolite 90% (konsentrasi NaOH 15%) sebesar 3,08. Kemudian kandunngan asam lemak bebas/FFA mengalami penurunan yang dimana FFA awal sebesar 6,02 mg KOH/gram lemak menjadi minyak bekas yang memiliki pH netral (pH=7).


Keywords


Adsorpsi, Asam sitrat, Minyak goreng bekas, Pemurnian, Zeolite alam

Full Text:

PDF

References


Bernasconi, G, Gerster, H, dan Hauser H. 1995. Teknologi Kimia Bagian 2.

Frima Viantini A, Yustinah. 2015. Pengaruh Temperatur Pada Proses Pemurnian Minyak Goreng Bekas Dengan Buah Mengkudu. Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik : Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Handayani, M dan Sulistiyono, E. 2009. UJI PERSAMAAN LANGMUIR DAN FREUNDLICH PADA PENYERAPAN LIMBAH CHROM (VI) OLEH ZEOLIT. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Nuklir PTNBR – BATAN Bandung.

Rosita N, Tristiana EM, dan Moegihardjo. 2004. Pengaruh Perbedaan Metode aktivasi terhadap efektivitas zeolit sebagai adsorben. Majalah Farmasi Airlangga Vol 4 no. 1

S. Ketaren. 1986. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Jakarta : UI – Press.

Wijana dkk. 2005. Teknopangan, Mengolah Minyak Goreng Bekas. Surabaya : Trubus Agrisarana.

Winarno. F. G. 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Yermi. D. A. dan Nurul. M. 2006. Pembuatan Margarin dari Minyak Kacang Tanah Denngan Proses Hidrogenasi. Surabaya : ITS.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jip.v9i1.7912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal integrasi Proses (JIP) has been indexed by:

                                         

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.