Rancang Bangun Alat Prediksi Kondisi Tubuh Ideal Menggunakan Metode Fuzzy Logic Sugeno

Muhammad Azizul Fikri, Danang Erwanto, Dian Efytra Yuliana

Abstract


Parameter yang digunakan untuk menentukan kondisi tubuh sesorang adalah berat badan serta tinggi badan. Secara manual untuk menentukan Indeks Massa tubuh (IMT) membutuhkan dua langkah, yaitu mengukur berat badan serta tinggi badan kemudian dihitung IMT-nya, sehingga kurang efektif. Dengan Menggunakan metode logika fuzzy sugeno, dapat dirancang alat untuk memprediksi kondisi tubuh manusia berdasarkan Indeks Massa Tubuh dengan cara mengukur berat badan serta tinggi badan hanya dengan satu langkah memggunakan alat tersebut. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, load cell mampu mengukur berat dengan baik, dengan error rata-rata sebesar 3,95 %, dan untuk sensor ultrasonik mampu mendeteksi jarak dengan sangat baik, dengan error rata-rata sebesar 1,5%. Sedangkan untuk pengujian alat secara keseluruhan terdapat error rata-rata hasil IMT sebesar 4,61%. Akan tetapi meskipun terdapat perbedaan hasil IMT dari pengukuran dengan alat manual dan pengukuran dengan alat digital, hasil keduanya masih dalam kategori kondisi tubuh yang sama.


Keywords


Berat Badan, Tinggi Badan, Indeks Massa Tubuh (IMT), Fuzzy Logic Sugeno.

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 41 Tahun 2014.

Khoiruddin, Afif Muhammad. (2015), “Pengembangan Alat Ukur Tinggi Badan Dan Berat Badan Digital Yang Terintegrasi”. Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

T.Sutojo,S.Si.,M.Kom., dkk. 2011, “Kecerdasan Buatan”. Yogyakarta: Graha Ilmu

Erlita, Norma. (2015), “Aplikasi Alat Ukur Tubuh Digital Menggunakan Metode Fuzzy Logic Untuk Menentukan Kondisi Ideal Badan Dengan Tampilan LCD dan Output Suara Untuk Tunanetra”. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Jember.

Sunaryo. (2015), “Perancangan Alat Ukur Berat Badan Ideal Dengan Metode Body Mass Index”. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Elektronika Dan Computer Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga.

Rezak Andri Purnomo dkk.(2017), “Implementasi Metode Fuzzy Sugeno Pada Embedded System Untuk Mendeteksi Kondisi Kebakaran Dalam Ruangan”. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.