Desain dan Implementasi Ssistem Pengedalian Otomatis Untuk Mengatur Debit Air pada Prototipe Bendung Sebagai Pencegahan Banjir

Gun Gun Maulana

Abstract


Bendung adalah konstruksi yang digunakan untuk menahan laju air, dan memastikan air didistribusikan secara merata. Di Indonesia ada banyak bendung yang dikendalikan secara manual. Hal ini kurang efektif karena sering terjadi  kesalahan yang dilakukan oleh manusia, misalnya di Garut (21/09/2016) dan Bekasi (11/20/2014, 04/21/2016). Dalam penelitian ini, sistem kontrol bendung otomatis dirancang menggunakan metode desain VDI 2206. Data level air dan sensor aliran diolah dengan metode fuzzy logic untuk menentukan pembukaan pintu air dan kondisi bendung (aman / bahaya). Data ditampilkan pada antarmuka berbasis Microsoft Visual Studio. Hasil pengujian pada prototipe (32x20x18cm) menunjukkan sistem dapat bekerja secara otomatis dengan akurasi 99,7%. Kesalahan dipengaruhi oleh kesalahan sensor ultrasonik: 5,61% dan sensor aliran air: 4,83%. Antarmuka menunjukkan data sensor dari mikrokontroler dapat ditampilkan secara real time. Manfaat dari sistem ini adalah mudah untuk mengontrol dan memantau bendung, aliran air didistribusikan secara merata, dan memberikan informasi peringatan dini untuk mengantisipasi banjir.


Keywords


Arduino, Bendung, Fuzzy Logic, Microsoft Visual Studio

Full Text:

PDF

References


Kementerian Pekerjaan Umum. 2014. Buku Informasi Statistik Pekerjaan Umum. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum.

Naba, Agus. 2009. Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan MATLAB. Yogyakarta: ANDI.

Meenatchisundaram. 2015. Process Instrumentation and Control. Manipal : MIT.

Swarada, Khele et al. 2017. Mathematical Modelling of Two Tank Sistem. India : Electrical, Aissms IOIT, Maharashtra.

Abdelhameed, Magdy. 2014. VDI 2206. Cairo: Ain Shams University.

Fahruddin. 2014. Prototipe Monitoring Ketinggian Air pada Waduk Berbasis Mikrokontroler. Makassar : Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Makassar.

Febriandy, Reggi. 2017. Implementasi Fuzzy Logic pada Sistem Pengaturan Debit Air Otomatis. Batam : Teknik Mekatronika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Batam.

Bahri, Saeful, Muchtar, Husnibes, Dermawan, Erwin. 2014. Prototipe Sistem Kendali Pid Dan Monitoring Temperatur Berbasis Labview. Jakarta : Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Arnold Solian Siagian. 2015. Pembangunan Sistem Aplikasi Penyewaan Mobil Berbasis Android Studi Kasus di CV Abu Sulaiman Rent Car. Jakarta : Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul Jakarta.

Hendajani, Fivtatianti dan Sulistiyanto, Andri Tri. 2017. Visualisasi Pintu Air Otomatis Menggunakan Sensor Ultrasonik Memanfaatkan NUVOTON NUC140VE3CN. Bengkulu : Teknik Elektro. Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Akmaludin, Dzulfikar dan Hermawan, Rudy. 2010. Perancangan Prototipe Sistem Pengendali Kanal Air dengan Menggunakan Mikrokontroler Atmega8535. Yogyakarta : Jurusan Teknik Informatika STIMIK AMIKOM Yogyakarta.

Hartanto, Safrudin Budi Utomo Dwi. 2012. Prototipe Pintu Bendungan Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega 16. Yogyakarta : Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

R. Siegwart. 2011. Introduction to Autonomous Mobile robots Second Edition. Cambrigde: The MIT Press.

Martalia, A. M. 2017. Perancangan dan Pembuatan Program Antarmuka Mesin Grafir 2,5 D Berbasis Arduino Mega 2560 Dan Visual Studio (VB.Net). Bandung : Teknik Mekatronika, Teknik

Kusumadewi, Sri. 2004. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Mendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saputra, Pico. 2014. Prototipe Sistem Pengaturan Pintu Air Otomatis pada Bendungan sebagai Pengendali Banjir. Bengkulu : Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v7i2.4057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.