Perancangan HMI (Human Machine Interface) Untuk Pengendalian Kecepatan Motor DC

Heri Haryanto, Sarif Hidayat

Abstract


HMI (Human Machine Interface) adalah sistem yang menghubungkan antara manusia dan mesin. Sistem HMI berupa Graphic user interface (GUI) pada suatu tampilan layar komputer yang akan dihadapi oleh operator mesin atau pengguna yang akan memonitoring dan mengendalikan kecepatan motor DC dengan metode PID secara real time. Penelitian dilakukan dengan merancang sebuah sistem HMI menggunakan software Labview 2009. Hasil pengujian sistem monitoring pengendalian motor DC pada fungsi tombol knop dan tombol on/off yang divisualisasikan sudah berperan sesuai dengan fungsinya dengan waktu sampling 70 ms. Kendali PID yang sesuai dengan karakteristik sistem yang telah dibuat adalah Kp =1 Ki =4 Kd =0.3 dengan time delay 0,49 detik, rise time sebesar 1,99 detik, settling time sebesar 2,24 detik, dan steady state error sebesar 1,76%

Keywords


HMI, Motor DC, Kendali PID, Labview

Full Text:

PDF

References


Darma Adiantoro, Perancangan Sistem Monitoring Chiller berbasis PC, Hasil hasil penelitian EBN tahun 2008.

Eka Budiono, “Programmable Automation Controller (PAC) dengan LabVIEW 7.1 terkoneksi Mikrokontroller dan PLC” , Penerbit Gava Media, Yogyakarta, 2009.

Ibrahim, dogan. “Microcontroller Based Applied Digital Control” ,Department of Computer Engineering Near East University, Cyprus, 2006.

Ogata, Katsuhiko., “Modern Control Engineering” Penerbit : Prentice – Hall, 1985.

Prof. Jogiyanto. “Pengenalan Komputer”., Penerbit Andi , Yogyakarta , 2005.

Retna Prasetia, Catur Edi Wibowo, “Interfacing Port Paralel dan Port Serial Komputer dengan Visual Basic 6.0. “ ,Penerbit Andi, Jogyakarta, 2004.

Setiawan, Iwan “Kontrol PID Untuk Proses Industri” , PT Elex Media Komputindo 2008.

Sugiarto, Indar , Desain dan Implementasi Modul DAQ Labview, Jurusan Teknik Elektro, 2008 Universitas Kristen Petra Surabaya, Jurnal

Zuhal. “Dasar Tenaga Listrik”, Penerbit ITB Bandung, 1980.

ST Microelectronic. “Dual Full Bridge Driver L298”. Datasheet Archive. Italy, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v1i2.476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.