Analisa Desain Sensor Electrical Field Detector (EFD)

Didik Aribowo, Hamzah Hamzah

Abstract


Efektifitas EFD (Electrical Field Detector) untuk mendeteksi medan listrik yang dipancarkan oleh Apparel pada ECCT (Electrical Capacitive Cancer Tomography) diselidiki dalam penelitian ini. EFD merupakan teknik mendeteksi medan listrik dengan menangkap medan listrik statis berfrekuensi 100 kHz yang dipancarkan oleh Apparel ECCT. Medan listrik yang terpancar tersebut ditangkap oleh sensor yang didesain sedemikian rupa agar tepat mendeteksi medan listrik pada area yang di scan. Kemudian medan listrik yang didapat berupa muatan listrik disalurkan menuju mikrokontroler yang akan diolah menjadi sebuah informasi. Informasi ini yang kemudian diolah kembali untuk mengeksekusi berupa perintah menghidupkan buzzer dan LED (Light Emitting Diode).

Keywords


EFD, medan listrik, Apparel, ECCT, frekuensi, sensor

Full Text:

PDF

References


Yulianto Ahmad,“Optimalisasi Alat Ecct(Electrical Capacitive Cancer Treatment)Pada Karsinoma Nasofaring”, Universitas Indonesia, 2012.

Nurhasanah Siti, “Optimalisasi Desain Elektroda Alat Electrical Capacitive Cancer Treatment (Ecct) Pada Terapi Kanker Payudara”, Institut Teknologi Bandung, 2013.

Tienkartina, “Medan Listrik & Kuat Medan Listrik”, http://tienkartina.wordpress.com/2010/10/14/medan-listrik-kuat-medan-listrik/

Pambudhi Hanief Tegar, dkk, “Perancangan dan Analisis Antena Mikrostrip dengan Metode Aperture Coupled Feed pada Frekuensi 800 MHz, Universitas Diponegoro, Semarang, 2010.

Sape Junary, “Medan Listrik”, http://nary-junary.blogspot.com/2013/03/makalah-medan-listrik.html




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v3i1.492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.