Klasifikasi Katarak Objek Optic Disc Citra Fundus Retina Menggunakan Support Veactor Machine

Ri Munarto

Abstract


Katarak kerap disebut-sebut sebagai penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia. Bahkan, mengacu pada data World Health Organization (WHO) katarak menyumbang sekitar 48% kasus kebutaan didunia dan nomer satu di Indonesia. Penelitian yang pernah dilakukan katarak diklasifikasikan melalui bebabagai macam objek seperti pembuluh darah, optic disc dan pupil dari mata. Pada penelitian ini menggunakan objek optic disc pada citra kamera fundus retina. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan program aplikasi deteksi dini katarak secara otomatis melalui klasifikasi katarak kedalam 4 kategori yaitu normal, mild, medium dan severe. Pemeriksaan dini pada pasien penderita katarak bagi masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi yang kurang seperti mayoritas penduduk pada negara sedang berkembang dirasakan akan sangat membantu. Klasifikasi diperlukan untuk membantu dokter dalam memutuskan kapan dilakukan operasi pada pasien penderita katarak. Pengolahan 60 data citra fundus retina mata pasien yang terdiri dari 15 citra retina normal, 15 citra katarak mild, 15 citra katarak medium dan 15 citra katarak severe yang yang diperoleh dari Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Selanjutnya dilakukan proses pengklasifikasian menggunakan Static Vector Machine yang diolah dengan matlab R2014a. Dari hasil pelatihan dan pengujian diperoleh hasil akurasi rata-rata sebesar 82,14% pada seluruh kelas retina.

Kata Kunci— Katarak, Optic Disc, Gray Level Coocurancy Matrix (GLCM), Static Vector Machine.


Full Text:

PDF

References


Suharjo., & Sasongko, Ilmu Kesehatan Mata, Yogyakarta, Indonesia: Universitas Gadjah Mada, 2007.

I. W. B. Sentana, dan A. E. Wardani, “Pengolahan Citra Untuk Klasifikasi Penyakit Katarak Pada Citra Medis Hasil Ultrasonografi,” PROC. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2015, pp. 97–102.

K. A. Nithya, dan A. Rajini, “Classification Of Normal And Abnormal Retinal Images Using Neural Networks,” International Journal Of Advanced Research In Computer Engineering & Technology, Vol. 3, No. 9, pp. 3111–3115, 2014.

M. Yang, J. -J. Yang, Q. Zhang, Y. Niu, dan J. Li, “Classification Of Retinal Image For Automatic Cataract Detection," PROC. International Conference on e-Health Networking, Applications and Services, 2013. pp. 674–679.

L. Guo, J. -J. Yang, L. Peng, dan J. Li, “A Computer-Aided Healthcare System For Cataract Classification And Grading Based On Fundus Image Analysis,” Science Direct-Computers In Industry, Vol. 69, pp. 72–80., 2015.

Cut Maisyarah Karyanti, Sigit Widiyanto, Aries Muslim, & Ruddy J. Suhatril, Analisis dan Pengolahan Citra Medis, Jakarta, Indonesia: Universitas Gunadarma, 2013.

Eko Prasetyo, Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya Menggunakan Matlab, Yogyakarta, Indonesia: Andi, 2011.

R. R. Waliyansyah, K. Adi, dan J. E. Suseno, “Implementasi Metode Gray Level Co- Occurrence Matrix dalam Identifikasi Jenis Daun Tengkawang,” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teklnologi Informasi, Vol. 7, hal 50-56., 2018.

Sri Kusumadewi, Artificial Intelligent (Teknik dan Aplikasinya), Yogyakarta, Indonesia: Graha Ilmu, 2003.

M. Fadhilla., M. R. A. Saf, dan D. S. S. Sahid, “Pengenalan Kepribadian Seseorang Berdasarkan Pola Tulisan Tangan Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan,” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teklnologi Informasi, Vol. 6, hal 365-373., 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v8i1.5793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.