Karakteristik Respon Transien Motor Induksi Tiga Fasa Berbasis Algoritma Vektor Kontrol

Rico Hardianto, Yanu Shalahuddin, Fajar Yumono

Abstract


Karakteristik pengaturan kecepatan motor induksi tiga fasa adalah nonlinear. Vektor kontrol merupakan salah satu metode kontrol yang saat ini banyak diteliti guna mengatur kecepatan motor induksi tiga fasa. Penelitian ini membahas tentang langkah demi langkah model algoritma vektor kontrol menggunakan Matlab/Simulink. Arus tiga fasa belitan stator di transformasi ke koordinat d-q yang selanjutnya akan dibandingkan dengan sinyal referensi, sinyal error hasil perbandingan di umpankan pada kontroller PI. Pengujian model simulink dilakukan dengan perubahan input kecepatan dan torsi beban. Hasil simulasi menunjukkan bahwa karakteristik respons transien ini mempunyai nilai yang baik, saat uji perubahan kecepatan dari kecepatan 1200-2000 RPM dan kecepatan menurun dari kecepatan 1800-1000 RPM dengan torsi beban 0 N.m dan 75 N.m, kemudian diuji dengan perubahan torsi beban 0-75 N.m dan 75-0 N.m, diperoleh nilai rata-rata rise time yang berkisar 0,732 s – 1,598 s, overshoot berkisar 0,501 % – 0,509 %, dan error steady state berkisar 0,776 % – 1,943 %.

Keywords


Motor induksi tiga fasa, Vektor kontrol, PI kontroller, Transformasi d-q, simulink.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Era P., Ananto M. W., Soebagio, Mauridhi H. P., “Pengembangan Metoda Self Tuning Parameter PID Controller Dengan Menggunakan Genetic Algorithm Pada Pengaturan Motor Induksi Sebagai Penggerak Mobil Listrik”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). ISSN : 1907-5022, 2009.

Rizalun I., “Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa Menggunakan Metode Vektor Kontrol Berbasis Jaringan Syaraf Tiruan Radial Basis Function – PD (JST RBF-PD) Hybrid”, Tesis, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2015.

Anwar H., “Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa Menggunakan Logika Fuzzy”, Skripsi, Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, 2008.

Era P., Gigih P., Endro W., M. Machmud Rifadil, “Pengembangan Model Motor Induksi Sebagai Penggerak Mobil Listrik Dengan Menggunakan Metode Vektor Kontrol”, Jurnal Ilmiah Elite Elektro, Vol. 2, No.2, September 2011 : 67-72, 2011.

Yanu S., “Mitigasi Voltage Sag Dengan Dynamic Voltage Restorer Berbasis Pre-Sag Menggunakan Matlab/Simulink”, Tesis, Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, 2015.

Ashish D., Sanjay D., “Matlab Simulation And Comparison Of Sigle Phase To Three Phase Converter Fed Induction Motor Drive Using One And Two Rectifier”, International Journal Of Modern Engineering Research (IJMER). ISSN: 2249-6645. Vol.4, Iss 5, May. 2014, Hal 43, 2014.

Dr. M. J. Willis. “Proportional-Integral-Derivative Control”. University of Newcastle: Dept. of Chemical and Process Engineering, 1999.

Bose, Bimal K., “Modern Power Electronics And AC Drives”, The University Of Tennessee: Knoxville, Pretince Hall, Inc. United State Of America, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v8i2.6469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.