Strategi Peningkatan Jumlah Konsumen di Rumah Makan Long’s Food

A.M. Panjaitan, E. Jobiliong, Jony Jony

Abstract


Rumah makan Long’s Food didirikan pada tahun 2012. Rumah makan ini menyajikan berbagai jenis makananan Chinese dan Indonesia yang berlokasi di Kota Tangerang. Pada tahun ke dua rumah makan Long’s Food mengalami kerugian yang disebabkan menurunnya jumlah konsumen. Oleh sebab itu diperlukan strategi sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance-Performance Matrix, SERVQUAL (gap 5) dan HOQ. Selanjutnya dilakukan analisis SWOT untuk membuat usulan strategi. Hasil Importance-Performance Matrix terdapat atribut yang harus diperbaiki yaitu pelayan selalu siap melayani konsumen, pelayan menguasai informasi menu makanan yang ditawarkan, ketelitian pelayan, pelayan memberikan informasi promosi dengan jelas, dan diskon makanan. Berdasarkan hasil metode SERVQUAL (gap 5) menunjukkan tingkat kesenjangan tertinggi adalah diskon makanan (-2,07) dan ketelitian pelayan dalam melayani konsumen (-1,65). Prioritas perbaikan utama berdasarkan hasil analisis HOQ (House of Quality) adalah respon pelayan (13,3%), pemahaman informasi produk (10,9%), promosi (10,7 %), ketelitian pelayan (8,9%), cara dan keaktifan berkomunikasi (7,9%). Setelah melakukan analisis SWOT strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang akan dilakukan adalah training dan orientasi karyawan, evaluasi kerja, pemahaman alamat untuk karyawan yang mengantar makanan. Strategi untuk meningkatkan dimensi harga adalah diskon khusus, mengadakan lomba, kerja sama dengan layanan kartu kredit, memasang papan reklame di depan restoran, menggunakan SMS Location Based Advertising, promosi voucher cashback, membuat paket meeting, pengiklanan yang memberikan gambaran restoran sehat dan bersih, membuat layanan catering, mengikuti acara bazar di sekitar Tangerang, memberikan pelayanan lebih pada tamu yang berulang tahun dan mempromosikan fasilitas yang dimiliki. Strategi untuk meningkatkan kualitas produk adalah fokus pada menu favorit. 


Keywords


Importance-Performance Matrix; SERVQUAL; House of Quality; SWOT

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v1i1.319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by