Optimasi On Time In Full Delivery Produk Dengan Metode Six Sigma di Perusahaan Adhesive

Hartono Hartono

Abstract


Dalam beberapa bulan terakhir ini permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adhesive adalah masalah pengiriman barang ke pelanggan yang tidak sesuai dengan jumlah yang diorder. Bilamana permasalahan ini tidak segera ditangani bukan tidak mungkin pelanggan akan pindah ke pesaing lain. Untuk meningkatkan performa on time in full pengiriman barang jadi ke pelanggan melalui pendekatan six sigma dengan metode DMAIC yang bertujuan mendapatkan solusi terbaik untuk tujua ini. DMAIC merupkan suatu metode yang menggabungkan beberapa teori analisis dan statistik untuk pemecahan masalah yang sebenarnya (root cause). Tahapan yang dilakukan dalam metode ini adalah Define (definisi), Measure (Pengukuran), Analysis (analisa), Improve (perbaikan) dan Control (pengawasan). Tools yang dipakai dalam penelitian ini diantaranya adalah 5-why analysis. Dari penelitian yang dilakukan, maka faktor penyebab yang dapat mengakibatkan performa OTIF tidak sesuai target dapat diketahui. Begitu juga untuk tindakan perbaikan dan pengontrolan setelah perbaikan bisa diketahui dan dapat diimplementasikan. 


Keywords


Six sigma; DMAIC; 5 why analysis; root cause

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v1i1.300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by