USULAN RANCANGAN RUTE TRANSPORTASI MULTI TRIP UNTUK MEMINIMASI BIAYA TRANSPORTASI DENGAN HETEROGENEOUS FLEET DAN TIME WINDOW MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIKA DI PT.XYZ

Muhammad Zuhdi Aiman Anka, Luciana Andrawina, Meldi Rendra

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang garmen yang terletak di daerah Bandung, Jawa Barat. Produk yang di hasilkan dari perusahaan ini antara lain adalah seragam sekolah meliputi kemeja, celana, rok hingga pesanan seragam khusus. Hingga rute awal PT. XYZ sudah memiliki 33 pelanggan tetap di daerah Bandung dan Cimahi. Selain daerah tersebut, PT. XYZ memiliki pelanggan tetap lainnya di daerah Purwakarta, Garut, Sumedang, Cirebon, Pamanukan, Batam dan Palembang. Penelitian ini membahas VRP dengan karakteristik time windows, heterogenous vehicle, multiple product, dan multiple trips dengan tujuan meminimasi biaya transportasi. Permasalahan VRP ini biasanya diselesaikan dengan menggunakan algoritma metaheuristik seperti genetika algoritma dengan populasi awal menggunakan algoritma heuristik seperti nearest neighbour seperti yang dilakukan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat menghasilkan meminimalkan jumlah jarak pengiriman, pengoptimalan penggunaan kendaraan, meminimalkan biaya transportasi dan meningkatkan jumlah pemenuhan permintaan. Dari hasil penelitan ini menghasilkan penurunan total jarak tempuh sebesar 35%, penurunan total biaya transportasi sebesar 31%, dan peningkatan pemenuhan permintaan dari 82,39 % menjadi 94, 89%.


Keywords


Transportasi, Algoritma Genetika, Nearest Neighbour, Time Windows, Multiple Trip

Full Text:

PDF

References


Pujawan, I Nyoman. (2010). Supply Chain Management. Surabaya: Guna Wijaya

Chase, Richard B & Jacobs, F.R. (2011). Operations and Supply Chain Management. New York : Mc Graw-Hill.

Sri Nurhayanti, (2013). Perbandingan Metode Branch And Bound Dengan Metode Clarke And Wright Saving Untuk Penyelesaian Masalah Distribusi Aqua Galon Di PT. Tirta Investama Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Michael Hugos (2003), Essential of Supply Chain Management. Sri Mulyono (2002), Riset Operasi Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Fesilia. (2008). Model Vehicle Routing Problem With Multiple Trips And Intermediate Facility Menggunakan Algoritma Sequential Insertion. Skripsi Teknik Industri Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Nasution, H.M.N, (1996). Manajemen Transportasi. Jakarta : Ghalia Indonesia..

Suprayogi, (2002). Algoritma Sequential Insertion Untuk Memecahkan Vehicle Routing Problem With Multiple Trips and Time Windows. Jurnal Teknik dan Manajemen Teknik Industri, Laboratorium Perencanaan dan Optimasi Sistem Industri, Departemen Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung.

Goldberg, D.E., (1989). Genetic Algorithms in Search, Optimization & Machine Learning, New York: Addison-Wesley

Kusumadewi, S., dan H., Purnomo, (2005). Penyelesaian Masalah Optimasi dengan Teknik-teknik Heuristik, Yogyakarta : Graha Ilmu,.

Dimyati, Tjutju Tarliah dan Dimyati, Ahmad, (2004). Operation Research ( model –model pengambilan keputusan). Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Miranda dan Tunggal, (2001) : Manajemen Logistik & Supply Chain Management, Harvarindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1a.2056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by