ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK HORN PT. MI MENGGUNAKAN SIX SIGMA

Ratna Ekawati, Riza Andrika Rachman

Abstract


PT. MI merupakan perusahaan di bidang manufaktur yang bergerak di sektor assembly electrical components. Salah satu produk yang paling banyak diproduksi ialah produk horn. Permasalahan yang dihadapi perusahaan , bagaimana meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk agar dapat meminimasi produk reject dan menimbulkan kerugian bagi perusahaan terutama dalam skala besar. Penelitian ini menggunakan metode six sigma sebagai pendekatan improvement yang bertujuan untuk mencari dan mengeliminasi penyebab dari kesalahan atau defect yang terjadi. Tahapan yang digunakan yaitu tahapan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve and Control). Pada tahap define diketahui bahwa terdapat 16 jenis CTQ pada produk horn. Kemudian pada tahap measure dketahui diagram pareto yang paling tertinggi yaitu pada jenis cacat short sebesar 28,46 % dengan data atribut menggunakan peta kendali p yang datanya masih ada yang keluar batas kendali. Nilai DPMO didapatkan sebesar 86,03 dan nilai sigma sebesar 5,28. Kemudian dilakukan tahap analisa untuk dilakukan analisis menggunakan diagram fishbone. Setelah diketahui akar permasalahan dilakukan usulan perbaikan menggunakan FMEA guna memperbaiki dan mengurangi defect yang terjadi pada produk horn


Keywords


CTQ, DMAIC, FMEA, Pengendalian Kualitas, , Six Sigma

Full Text:

PDF

References


Ariani, Dorothea W. 2003. Pengendalian Kualitas Statistik. Jilid 1. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Assauri, Sofjan. 1998. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Dewi Shanty Kusuma. 2012. Minimasi Defect Product Dengan Konsep Six Sigma. Jurnal Teknik Industri. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Dewi Wieke Rossara dkk. 2013. Implementasi Metode Lean Six Sigma Sebagai Upaya Meminimasi Waste Pada PT. Prime Line International. Jurnal Teknik Industri. Malang: Universitas Brawjaya.

Gasperz, Vincent, 2005, Total Quality Management, cetakan kedua, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Purnomo. A.2007. Analisa Penyebab Kecacatan Produk dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis dan Failure mode effect and analysis di CV Fragile Din Co, Jurusan Teknik Industri., Universitas Widyatama

Sari, Diana Puspita dan Sirait Ropenti. 2016. Aplikasi Pendekatan Six Sigma dan kaizen Untuk Peningkatan Pada Proses Produksi Botol Minum Plastik Tipe CB 061 di PT. AMP Demak. Semarang. Universitas Diponegoro.

Syahreza, Suparno dan Suprayanto Hari. 2012. Implementasi Six Sigma Untuk Meningkatkan Arc Chute Plate Dengan Pendekatan Optimasi (Studi Kasus: PT Arto Metal Internasional). Jurnal Teknik Industri. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Vanany Iwan. (2007). Aplikasi Six Sigma Pada Produk Clear File di Perusahaan Stationery. Jurnal Teknik Industri Vol. 9. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh November.

Wahyuni dan Chobir. 2010. Penerapan Metode Six Sigma Dengan Konsep DMAIC Sebagai Alat Pengendalian Kualitas. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1a.2059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by