Pengukuran Kinerja Supply Chain Dengan Pendekatan Lean Six Sigma Supply Chain Management (Studi kasus di PT ALX Logistics)

Asep Ridwan, Kulsum Kulsum, Siti Murni

Abstract


Persaingan bisnis saat ini bukan lagi persaingan antar perusahaan akan tetapi persaingan antar jaringan rantai pasok (supply chain). Untuk mengetahui pencapaian kinerja supply chain saat ini dan sejauh mana keberhasilan manajemen supply chain yang telah dijalankan, perlu dilakukan pengukuran kinerja supply chain. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan indikator kritis kinerja supply chain yang kemudian akan menjadi fokus usulan perbaikan. Pengukuran kinerja supply chain pada Lean Six Sigma Supply Chain Management dilakukan dengan menggunakan metode Supply Chain Operations Reference (SCOR) pada level 1 sedangkan peningkatan kinerja rantai pasok dilakukan dengan menggunakan metode Lean Six Sigma. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa indikator kritis adalah Perfect Order Fulfilment dengan besar persentase gap sebesar 14,37% dari nilai target. Waste yang paling mempengaruhi adalah backlog of work dimana penentuan waste ini berdasarkan bobot dan frekuensi kejadiannya. Tahap selanjutnya adalah mengidentifikasi akar-akar penyebab terjadinya backlog of work yang mengakibatkan Perfect Order Fulfilment menjadi indikator kritis. Usulan perbaikan yang diberikan adalah memperbaharui fleet management system perusahaan, pelatihan ulang karyawan dan penguatan motivasi melalui program reward dan recognition, pemantauan terus-menerus KPI dan memberi batasan tonase yang ekonomis berdasarkan hasil simulasi. Penerapan batas tonase ekonomis ini berdasarkan usulan perbaikan 1 dengan pengurangan biaya maintenance unit setiap bulan diperoleh sebesar 37.1 ton per unit per rit dan usulan perbaikan 2 dengan pengurangan rata-rata waktu kedatangan tiap unit setiap bulan sebesar 39.97 ton.


Keywords


Supply chain, SCOR, Lean Six Sigma, Simulasi

Full Text:

PDF

References


Anjani, F., 2017. Analisa Pemindahan FSO Ardjuna Sakti Menggunakan Simulasi Sistem Dinamis. Cilegon : Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Arviana, 2016. Pengukuran Kinerja Supply Chain dengan Pendekatan Model SCOR dan Lean Six Sigma.Cilegon : Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Bolstorff, P and R. Rosenbeum. 2003. Supply Chain Excellence : A Handbook for Dramatic Improvement Using The SCOR Model.

AMACOM, New York. Davidson, P.L., 2000. Powersim’s User Guide And Reference. Information Science System Dynamics.

Fortunella, April., Ishardita P.T, Agustina Eunike. 2015. Model Simulasi Sistem Produksi dengan Sistem Dinamik Guna Membantu Perencanaan Kapasitas Produksi. Malang :Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Volume 3, Nomor 2.

Gaspersz, Vincent. 2007. Lean Six Sigma for Manufactuing and Service Industries. Jakarta: Gramedia

Harrell, et.al. 2000. Simulation using ProModel. New York: McGraw Hill.

Kent, Douglas, Attri, Kent. 2009. SCOR, Lean, and Six Sigma – Supply Chain Synergy.

Marquez, A.C., 2010. Dinamic Modelling For Supply Chain Management. New York : Springer London Dordrecht Heidelberg

McDermott, R.E. Mikulak, R.J. dan Beauregard. 2009.M.R. The Basic of FMEA, 2nd Ed, Newyork, Taylor and Francis Group

Nur, Enty. 2014. Supply Chain Management (SCM) Dan Logistic Management.Jurnal Dinamika Teknik: Universitas Stikubank Semarang.

Piao, T., 2016. Analysis Of Investment Policies For The Dry Bulk Port With A System Dynamics Model. Duisburg, Germany: Universität Duisburg-Essen.

Pujawan, I. N. 2005. Supply Chain Management. Surabaya: Gunawidya.

Ridwan, Asep. 2014. Improving Performance Of Supply Chain in Port By Six Sigma Methodology Approach. Duisburg, Germany: Universität Duisburg-Essen.

Supply Chain Council. 2012. SCOR Version 10.0 Overview. http://www.supply-chain.org (accessed 11 Januari 2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1a.2063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by