MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS KRITERIA MAJEMUK DALAM PEMILIHAN INVESTASI IDEAL BAGI MASYARAKAT

Ruhul Amin, Wida Prima Mustika

Abstract


Saat ini banyak investasi yang ditawarkan kepada masyarakat dengan nilai keuntungan yang tinggi. Namun investasi yang ada memiliki nilai resiko yang sebanding atau tinggi terhadap nilai yang diinvestasikan. Kurangnya informasi tentang memilih investasi yang ideal menyebabkan masyarakat kurang tepat dalam memilih investasi yang sesuai, sehingga menimbulkan kerugian. Apabila kondisi ini dibiarkan terus menerus akan berdampak pada lemahnya nilai investasi di suatu negara. Tujuan penelitian ini adalah membangun model pengambilan keputusan berbasis kriteria majemuk dalam pemilihan investasi ideal bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Network Process (ANP). Metode ini melakukan proses perhitungan untuk menemukan keputusan yang terbaik dengan menghitung nilai kriteria dan membandingkan dengan perhitungan dari setiap keputusan yang diambil. Penelitian ini menghasilkan prioritas dari alternatif investasi diantaranya Deposito, Asuransi, Emas, Saham, Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) dan Reksadana, dari prioritas alternatif masyarakat bisa mengambil keputusan dalam pemilihan investasi ideal sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berinvestasi. 


Keywords


resiko, investasi, kriteria, ANP, model

Full Text:

PDF

References


Kencana, Anggia Paramita Puti. (2016). Manajemen Investasi, Universitas Gunadarma

Rusydiana, Aam Slamet & Abrista Devi. (2013). Analytic Network Process Pengantar Teori & Aplikasi, Edisi : Pertama. Bogor.

Simelyte, Agne. (2014). Analytical Network Process Based On BOCR Analysis as an approach for designing a Foreign Direct Investment Policy

Saaty, Thomas L. (2006) Decision Making With The Analytic Hierarchy Process, University of Pittsburgh.

Tandelilin, Eduardus. (2010). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, Edisi: Pertama. Yogyakarta: BPFE.

V. Jayakumar & J. Stephen Leon. (2014). A decision- making framework for investment dicesification using the AHP.

Yazdani-Chamzini. (2014). Proposing a new methodology for prioritising the investment strategies in the private sector of Iran. https://www.cermati.com/artikel/jenis-investasi jangka-pendek-dan-jangka-panjang-yang- menguntungkan. (diakses 29 Juni 2017 ).

Yazdani-Chamzini. 2014. Proposing a methodology for prioritising the investment strategies in the private sector of Iran. https://www.cermati.com/artikel/jenis-investasi- jangka-pendek-dan-jangka-panjang-yang- menguntungkan. 15 November 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1b.2072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by