USULAN PERANCANGAN LAYOUT PERKANTORAN MENGGUNAKAN METODE CRAFT DI PT. XYZ

Evi Febianti, Bobby Kurniawan, Bagya Alif

Abstract


Perancangan tata letak fasilitas sangatlah penting untuk meningkatkan produktivitas. Pelayanan penerimaan barang tidak bisa terlepas dari jarak tempuh proses awal hingga akhir dari sistem produksi sebelum dilakukan pendistribusian kepada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung jarak tata letak layout perkantoran gedung baru dan jarak tata letak layout usulan menggunakan algoritma CRAFT. Permasalahan yang terdapat pada perusahaan ini terletak pada kondisi perkantoran gedung lama dari segi penempatan tata letak yang kurang efektif di dalam ruangan yang diletakkan secara berjauhan, hal ini mempengaruhi jarak aktivitas pelayanan terhadap konsumen responnya tidak cepat dengan standar pelayanan 5 menit sedangkan pelayanan yang dilakukan selama ± 10 menit sehingga kurang memuaskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma CRAFT (Computerized Relative Allocation Facilities Technique). Analisis dilakukan dengan membandingkan jarak antara design layout baru dengan layout usulan. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa jarak tata letak design layout perkantoran gedung baru diperoleh sebesar 507,35 m2 dan untuk layout usulan dengan menggunakan algoritma CRAFT (Computerized Relative Allocation Facilities Technique) jarak yang dihasilkan sebesar 402,75 m2sehingga pada rancangan perkantoran gedung baru di PT. XYZ dapat meminimasi jarak sebesar 104,60 m2 atau sebesar 20,60%. 


Keywords


Algoritma CRAFT, Perkantoran, Tata Letak Fasilitas

Full Text:

PDF

References


Apple, J.M. 1990. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Edisi Ketiga. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Hadiguna, R., A & Setiawan, H,. 2008. Tata Letak Pabrik. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Heragu, S.S. 2006. Facility Design Second Edition. United States of Amerika: Taylor & Francis Group.

Pranata, Y.Gerry. 2012. Analisis Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Menggunakan Algoritma CRAFT Di PT. LEN INDUSTRI (PERSERO). Laporan Penelitian Tugas Akhir, Universitas Widyatama : Bandung.

Tompkin J,A., & Smith, Jerry D. 1990. The Warehouse Management Handbook. New York: Mc Graw-Hill Book Company

Wignjosoebroto Sritomo. 1996. Tata Letak Pabrik Dan Pemindahan Bahan. Surabaya: Penerbit Guna Widya.

Yuliana, Lina. 2014 . Usulan Perbaikan Tata Letak GudangDengan MenggunakanMetode Craft(Studi Kasus Di Gudang K-Store, Krakatau Junction), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa : Cilegon.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1b.2076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by