USULAN PERENCANAAN PENJADWALAN PRODUKSI DI PT X

Kulsum Kulsum, Devara Aulia Utami

Abstract


PT X adalah salah satu perusahaan yang telah mengembangkan bisnisnya dengan teknologi katalis yang unik sejak tahun 1941. PT X merupakan industri pertama di Indonesia bahkan di Asia Tenggara yang memproduksi berbagai macam bahan baku kimia diantaranya terdiri dari monomer plant dan polymer seperti Acrylic Acid, Ethyl Acrilate, Buthyl Acrilate, Ethyl Hexyl Acrilate, dan Superabsorbent Polymer. Produk Superabsorbent Polymer merupakan salah satu produk yang tingkat demand sales nya cukup tinggi, maka permintaan harus tetap terpenuhi. Peramalan permintaan berguna untuk meramalkan permintaan produk Superabsorbent Polymer yang akan diterima, sehingga memudahkan untuk menentukan jumlah produksi. Dalam menghadapi permintaan, perusahaan menetapkan rencana produksi untuk kemudian disimpan sebagai persediaan. Persediaan pengaman (safety stock) tersebut harus diperhitungkan dengan membuat rencana penjadwalan produksi untuk safety stock, oleh sebab itu rencana penjadwalan produksi untuk safety stock harus dilakukan agar memperoleh rencana produksi yang sesuai dengan kapasitas perusahaan, sehingga perusahaan mampu memenuhi permintaan pelanggan.


Keywords


Peramalan Permintaan; Safety Stock; Penjadwalan Produksi

Full Text:

PDF

References


Ginting, Rosnani. Sistem Produksi. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2007.

Masruroh, Nisa. 2012. Analisa Penjadwalan Produksi Dengan Menggunakan Metode Ampbell Dudeck Smith, Palmer, Dan Dannenbring Di Pt.Loka Refraktoris Surabaya. Surabaya : Universitas UPN Veteran Jatim. Nasution, Arman Hakim. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2008.

Muhammad Nasir Sidiq, Akhmad Sutoni. 2017. Perencanaan dan Penentuan Jadwal Induk Produksi di P.T. Arwina Triguna Sejahtera. Cianjur.

Nurhasanah, Nunung, dkk.. 2014. Penjadwalan Produksi Industri Garmen Dengan Simulasi Flexsim. Jakarta: Universitas Al- Azhar Indonesia.

Saputri, Puji Astuti, dkk. 2016. Penentuan Keseimbangan Lintasan Produksi Dengan Menggunakan Metode Helgeson-Birnie. Pontianak: FMIPA Untan.

Saputro, Agil dan Bambang Purwanggono. Peramalan Perencanaan Produksi Semen Dengan Metode Exponential Smoothing Pada PT. Semen Indonesia. 2016.

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana. 2015.

http://slideplayer.info/slide/3739845/ (diakses pada: Selasa, 20 Februari 2018 pukul 9.48 WIB)

http://www.pojokan-artikel.com/2016/11/triple- exponential-smoothing-winter.html (diakses pada : Selasa, 03 April 2018 pukul 15.21 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by