Analisis Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Menggunakan Metode Analisis Semi Kuantitatif AS/NZS 4360:1999 Dan PUSLITBANG Teknologi Mineral dan BatuBara Pada PT XYZ

Nurul Ummi, Ani Umyati, Rika Rahmawati

Abstract


PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan air. Perusahaan ini telah menerapkan SMK3 namun pada saat pelaksanaan audit K3 diperoleh hasil bahwa PT XYZ perlu melakukan identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan pengendalian risiko yang berkiblat pada OHSAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi risiko menggunakan JSA, mengetahui tingkat risiko, memilih metode diantara AS/NZS 4360:1999 dan PUSLITBANG TEKMIRA untuk memberikan usulan pengendalian risiko pada divisi operasi, dalam penelitian ini menggunakan metode analisis semi kuantitatif. Potensi bahaya yang ditemukan pada tiga dinas sebanyak 11 macam potensi bahaya. Metode analisis semi kuantitatif yang terpilih adalah metode AS/NZS 4360:1999. Aktifitas pekerjaan yang memiliki nilai Risiko > 70 di tiga dinas, diantaranya dinas air baku yaitu inspeksi jalur pipa, inspeksi rumah venting, inspeksi waduk, inspeksi bangunan pelimpah, inspeksi sempadan waduk, pemeliharaan rumah pompa, pengendalian air baku di control room, pada Dinas Pengolahan Air yaitu pengendalian pengolahan air di control room, Dinas Proses Labortaorium dan K3LH yaitu penggunaan perekasi pekat HCL, penggunaan Buffer PH 10, Pengukuran kebisingan. Usulan pengendalian risiko berdasarkan risiko tertinggi pada dinas air baku adalah menggunakan APD (gaiter), memasang safety sign, pemeriksaan APAR, memberikan reward dan punishment, Dinas Pengolahan Air usulan yang diberikan adalah pemeriksaan APAR, memberikan reward dan punishment, Dinas Proses Laboratorium dan K3LH usulan yang diberikan adalah memasang safety sign, memberikansilencer pada mesin pompa, menyediakan emergency shower, pemeriksaan APAR, memberikan reward dan punishment.


Keywords


Identifikasi Bahayal; Tingkat Risiko; Pengendalian Risiko

Full Text:

PDF

References


Ahmad Reza Ramdhani. 2013. Analisis Tingkat Risiko Keselamatan Kerja Pada kegiatan Penambangan BatuBara Dibagian Mining Operation PT Thiess Contractors Indonesia Sangatta Mine Project Kalimantan Timur 2013 (Skripsi). Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarata.

Anisa Yonelia, L. Meily Kurniawidjaja. 2012. Risk Management of Occupational Health and Safety in Rice Farmers in Ngrendeng, East Java in 2012 (Skripsi). Depok : Universitas Indonesia.

Australian Standard/New Zealand Standard 4360:1999. Risk Management Guidelines. Sydney.

Hasniati Astika, dkk. 2013. Penilaian dan Penerapan Risiko Kecelakaan Kerja dan Kerusakan Lingkungan Penambangan Mineral dan Batu Bara di Indonesia. Bandung : Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara.

Mohammad Adam Jerusalem, dkk. 2010. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Modul Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Nova Rosdiana. 2015. Identifikasi Risiko Kecelakaan Kerja pada Area Produksi Proyek Jembatan Dengan Metode Job Safety Analysis (JSA) (Skripsi). Cilegon : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Soehatman Ramli. 2009. Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Jakarta : Dian Rakyat.

http://www.bps.go.id/index.php/linkTabelStatis/1415

diakses pada 11 November 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by