PERENCANAAN PENGELOLAAN SUKU CADANG PADA POMPA PRODUK MENGGUNAKAN RELIABILITY CENTERED SPARES PADA TERMINAL BBM PT. XYZ

Zhafran Ega, Judi Alhilman, Fransiskus Tatas Dwi Atmaji

Abstract


Perbaikan mesin selalu menghambat laju produksi karena mesin tidak dapat digunakan saat komponen mesin sedang dalam masa perawatan. Seringkali komponen mesin tersebut tidak dapat melanjutkan fungsinya kembali. Penggantian komponen menjadi satu-satunya solusi yang mengakibatkan mesin mengalami waktu henti yang berbanding lurus dengan waktu tunggu kedatangan komponen pengganti. Suku cadang komponen diperlukan untuk menghilangkan waktu tunggu tersebut sehingga produksi dapat langsung dilanjutkan. Reliability centered spares digunakan untuk menghitung jumlah suku cadang yang harus disediakan dalam jangka waktu tertentu. Metode ini dihitung berdasarkan data kerusakan historis suatu komponen yang kemudian dikoversikan menjadi mean time to repair dan mean time between failure masing-masing komponen. Metode poisson process digunakan untuk menghitung hasil akhir dari persediaan suku cadang untuk waktu tertentu.


Keywords


Suku Cadang; Reliability Centered Spares; Mesin Pompa; Risk Matrix; Poisson Process

Full Text:

PDF

References


Alhilman, J., Saedudin, R. R., Atmaji, F. T. D., & Suryabrata, A. G. (2015). LCC application for estimating total maintenance crew and optimal age of BTS component. 2015 3rd International Conference on Information and Communication Technology, ICoICT 2015, 4(2), 543–547. https://doi.org/10.1109/ICoICT.2015.7231483

Boylan, J. E., & Syntetos, A. A. (2010). Spare parts management: A review of forecasting research and extensions. IMA Journal of Management Mathematics, 21(3), 227–237. https://doi.org/10.1093/imaman/dpp016

BP. (2016). Statistical Review of World Energy. BP Statistical Review of World Energy, (June), 1– 48. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2013.06.172

Ebeling, C. (1997). An Introduction to Reliability and Maintainability Engineering. McGraw Hill.

Fukuda, J. (2008). Spare Parts Stock Level Calculation, 1–8.

Kim, J. S., Shin, K. C., & Yu, H. K. (1996). Optimal algorithm to determine the spare inventory level for a repairable-item inventory system. Computers and Operations Research, 23(3), 289–297. https://doi.org/10.1016/0305- 0548(95)00014-3

Krasich, M. (2009). How to estimate and use MTTF/MTBF would the real MTBF please stand up? Proceedings - Annual Reliability and Maintainability Symposium, 353–359. https://doi.org/10.1109/RAMS.2009.4914702

Markowski, A. S., & Mannan, M. S. (2008). Fuzzy risk matrix. Journal of Hazardous Materials, 159(1), 152–157. https://doi.org/10.1016/j.jhazmat.2008.03.055

Ristić, D. (2013). a Tool for Risk Assessment. Safety Engineering Journal, 3(3), 121–127. https://doi.org/10.7562/SE2013.3.03.03

Sharma, R. K., & Kumar, S. (2008). Performance modeling in critical engineering systems using RAM analysis. Reliability Engineering and System Safety, 93(6), 913–919. https://doi.org/10.1016/j.ress.2007.03.039




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by