Penerapan metode house of risk sebagai upaya pengelolaan risiko pada PLTD Karang Asam Samarinda Kalimantan Timur

Zulkifli Zulkifli, Deasy Kartika Rahayu, Yudi Sukmono

Abstract


PLTD Karang Asam adalah salah satu BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ) yang bergerak dalam bidang pembangkitan listrik. Pada PLTD Karang Asam sumber daya yang dipakai adalah MFO ( Marine Fuel Oil) untuk memutar diesel sehingga tenaga diesel berubah menjadi tenaga listrik, Tenaga listrik ini nantinya akan sampai ke rumah - rumah masyarakat. Akan tetapi apabila dala m proses produksi listrik ini terhambat seperti mesin yang rusak karena kurang perawatan ataupun risiko lainnya maka akan menyebabkan kerugian bagi masyarakat dan matinya perusahaan - perusahaan karena tidak diliri listrik. Terdapat banyak hal kejadian yang mampu menyebabkan terjadinya risiko sehingga dilakukan upaya manajemen risiko yang bertujuan untuk mengeliminasi atau mereduksi risiko pada PLTD Karang Asam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode House Of Risk (HOR). House of Risk (HOR) yaitu suatu metode untuk mencari prioritas risiko kemudian pr ioritas risiko yang ada akan dilakukan strategi mitigasinya untuk menghindari ataupun mengatasi risiko - risiko yang ada. Berdasarkan identifikasi jenis - jenis risiko yang ada pada perusahaan dengan metode pengembangan Supply Chain Operations Reference (SCOR), pada kegiatan plan terdapat 8 kejadian risiko, pada kegiatan source terdapat 2 kejadian risiko, pada kegiatan proses produksi terdapat 6 kejadian risiko, pada kegiatan deliver terdapat 5 kejadian risiko dan tidak ada pada kegiatan return. Berdasarkan identifikasi kejadian risiko kemudian terdapat 21 kejadian risiko dengan 21 penyebab risiko dengan nilai APR tertinggi berdasarkan nilai presentase kumulatif sehingga terdapat 7 penyebab risiko yang harus diberikan usulan mitigasi. Terdapat 6 usulan mitigasi yang diberikan dan diharapkan mampu mengurangi tingkat kejadian risiko.


Keywords


House of Risk; Kejadian Risiko; Manajemen Risiko; Mitigasi; Penyebab Risiko

Full Text:

PDF

References


Elbani, A., 2013. Model Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Berbasis pada sinyal masukan bahan bakar dan daya keluaran dengan metoda identifikasi parameter. Jurnal ELKHA. 5(2): 41- 43.

Fahmi, I., 2013, Manajemen Risiko, Edisi Ketiga, Alfabeta, Bandung.

Fendi, A., dan Yuliawati, E., 2012. Analisis Strategi Mitigasi Resiko Pada Supply Chain PT.PAL Indonesia (Persero), Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi Periode III ISSN:1979 - 911x., Yogyakarta.

Government of South Australia., 2002., Risk Management for Community Group. Strategic Planning group, Miranda NSW 1490 Australia

Headquarters Department Of The Army., 2006., Failure Modes, Effects and Critically Analyses (FMECA) for Command, Control, Communications, Intelligence, Surveillance and Reconnaissance. US Headquarters Department Of The Army Technical Manual No. 5- 698 - 4, Washington DC.

Kasidi., 2014, Manajemen Risiko, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.

Kusnindah, C., Sumantri, Y., dan Yuniarti, R., 2012., Pengelolaan Risiko pada Supply Chain dengan Menggunakan Metode House of Risk (HOR) (Studi Kasus di PT. XYZ). Jurnal Teknik Industri Universitas Brawijaya. Malang.

Pujawan, I Nyoman and Laudine H. Geraldin, (2009). House of Risk: A Model for Proactive Supply Chain Risk Management, Business Process Management Journal, Vol. 15, No. 6, Pp. 953-967.

Pujawan, I Nyoman dan ER, Mahendrawati. 2010. Supply Chain Management. Penerbit Gunawidya : Surabaya.

Purwandono, Dewi Kurniasari.(2010). Aplikasi Model House Of Risk (HOR) Untuk Mitigasi Risiko Proyek Pembangunan Jalan Tol Gempol-Pasuruan. Tesis Program Studi Magister Manajemen Teknologi Bidang Keahlian Manajemen Industri Program Pascasarjana Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i1.6497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by