IMPLEMENTASI SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING BERBASIS ODOO MODUL SALES DENGAN METODE RAD PADA PT XYZ

Safira Aziza, Gama Harta Nugraha Nur Rahayu

Abstract


PT XYZ merupakan perusahaan penyedia jasa distribusi software engineering . Sebagai perusahaan distributor dimana pendapatan utamanya adalah dari penjualan software , maka divisi marketing dari PT XYZ yang bertugas untuk mengatur terjadinya jual beli software kepada pelanggan diharapkan dapat melakukan tugasnya dengan baik dan efektif. Dari hasil wawancara dengan para staf marketing, terdapat beberapa masalah yang telah terjadi dalam proses bisnis di divisi marketing. Kendala tersebut ada pada penyimpanan dan pembua tan database produk, database pelanggan, quotation , sales order , invoice , dan delivery order . Mengingat harga software sistem ERP umumnya mahal, sehingga digunakan terutama oleh perusahaan - perusahaan besar, namun perusahaan dengan skala kecil maupun medium yang memerlukan sistem ERP dapat menggunakan alternatif open source software seperti Odoo, sebagaimana yang akan dilakukan pada penelitian ini. P enerapan sistem ERP Odoo modul Sales ini akan mengurangi perm a salahan yang ada pada proses bisnis penjualan da lam divisi marketing. Metode perancangan sistem ERP yang digunakan adalah metode RAD (Rapid Application Development). Software Odoo yang digunakan adalah Odoo 10.0 dengan modul utama Sales dan Invoicing. User Acceptance Test dilakukan untuk mengetahui apakah fitur dalam Odoo sudah memenuhi kebutuhan user atau belum sekaligus untuk mengetahui pemahaman user terhadap sistem baru. Hasil dari a nalisa UAT menunjukkan bahwa pada fitur proses pembuatan dan penyimpanan database produk, database pelanggan, quotation , sales order, invoice dan delivery order , 86% pengguna menerima dan mampu mengoperasikan sistem ERP berbasis Odoo modul Sales pada divisi marketing.


Keywords


Divisi Marketing, Sistem ERP, Metode RAD, Odoo Modul Sales

Full Text:

PDF

References


Alfatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan be rsaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Alkhalil, Ibrahim Hanif, Rd. Rohmat Saedudin, dan R. Wahjoe Witjaksono (2016). Pengembangan Modul Sales Management Berbasis Odoo dengan Metode Accelerated SAP pada Inglorious Industries. B andung: Telkom University.

Aswati, Safrian dan Yessica Siagian (2016). Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah (Studi Kasus : Perum Perumnas Cabang Medan). Medan: Sesindo, 2016.

Kendall, K. E., Kendall, J. E., & Wasson, C. S. (2011). Systems analysis and design. Vol. 19. New York: Prentice Hall.

Khoerani, Iin (2018). Penerapan Enterprise Resources Planning Modul Warehouse Management dan Quality (PT. Equilab International. Jakarta: Universitas Pancasila.

Kurniawan, Aldi Ilham (2017). Penerapan Aplikasi Web Sistem Informasi Data Luaran Penelitian Dosen Pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja Informatika,.

Lestari, Sinta Petri (2015). Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Semarang: Universitas Diponegoro.

Meizana, Muhammad Zakky, Rispianda dan Khuria Amalia (2016). Rancangan Enterprise Resource Planning di Jedugmilk dengan Menggunakan Openbravo. Bandung: Institut Teknologi Nasional.

Nurhidayah, Ratih (2015). Evaluasi Strategi Pemasaran dalam Upaya Membangun Loyalitas Pengguna di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ditinjau dari Pendekatan Customer Relationship Management. Yogyakarta: Unversitas Gajah Mada

Trimahardika, Reza dan Etin Sutinah (2017). Penggunaan Metode Rapid Application Development dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Jakarta: AMIK BSI.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i1.6503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.