Usulan aksi mitigasi risiko rantai pasok halal pada IKM Tahu Bandung Sutra menggunakan metode house of risk

Asep Ridwan, Dyah Lintang Trenggonowati, Vivit Parida

Abstract


IKM Tahu Bandung Sutra merupakan industri kecil menengah yang memproduksi tahu. Semakin berkembangnya industri pangan di Indonesia, perusahaan dituntut untuk dapat mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan. Terlebih lagi Indonesia merupakan Negara dengan penduduk muslim ter besar di dunia. Dengan populasi sebanyak itu seharusnya Indonesia bisa menyediakan produk pangan yang terjamin kehalalannya. Aktivitas bisnis untuk menghasilkan produk halal tersebut tentunya dapat memungkinkan terjadinya suatu risiko. Untuk itu perlu suatu manajemen risiko yaitu dengan mengidentifikasi risiko yang berpotensi muncul pada rantai pasok menggunakan model SCOR untuk pemetaan aktivitasnya. Pemetaan aktivitas memudahkan dalam mengidentifikasi kejadian risiko dan agen risiko. Kejadian risiko dan agen risiko yang berhasil diidentifikasi kemudian dinilai tingkat dampak, tingkat frekuensi serta korelasinya dengan menggunakan metode House of Risk. Metode House of Risk memiliki dua fase. HOR fase 1 untuk mengetahui prioritas agen risiko dan HOR fase 2 untuk menentukan prioritas aksi mitigasi. Terdapat 21 kejadian risiko, 20 agen risiko dan 8 aksi mitigasi yang berhasil diidentifikasi.


Keywords


Halal; House of Risk; Manajemen Risiko; Rantai Pasok; Tahu Bandung Sutra

Full Text:

PDF

References


Adhiningrat, M. 2017. Faktor- faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Terhadap Logistik Halal antara Pemain Logistik Berbasis Makan di Yogyakarta: Yogyakarta Universitas Islam Indonesia.

Anisa, W. G. 2012 . Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Manajemen Risiko (Studi Empiris pada Laporan Tahunan Perusahaan - Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di BEI tahun 2010). ( Skripsi ). Semarang: Jurusan Akuntasi Universitas Diponegoro .

Badan Pusat Statistik. 2015. K eadaan geografi dan iklim, pemerintahan, serta perkembangan kondisi social – demografi dan perekonomian di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Chotimah, R. R., Purwanggono, B., dan Susanty, A. 2016. Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Menggunakan Metode SCOR dan AHP Pada Unit Pengantongan Pupuk Urea PT. Dwimatama Multikarsa Semarang. Universitas Diponogoro.

Maman Ujang, Mahbubi Akhmad, dan J. F. 2015. Halal risk mitigation in the Australian – Indonesian red meat supply chain. Journal of Islamic Marketing.

Prasetia, T. E. Tommy, P. Saerang, I. S. 2014. Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Risiko Persuahaan terhadap Nilai Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di BEI. Jurnal EMBA. Vol 2 No 2: 882

Pujawan, I. Nyoman & Laudine H. Geraldin. 2009. House of Risk: Model for Proactive Supply Chain Risk Management. Emerald Group Publishing Limited. Volume 15, Nomor 6, 2009, pp. 953 - 967 .

Ridwan, A, Ekawati, R,. dan Nafiah. M. R. 2017. Supply Chain Design Of Chili Commodity To Improve The National Food Security By System Dynamics Simulation. International Conference on Food Security Innovation, 142 – 160.

Salehudin, I. 2010. Halal Literac: A Concept Exploration and Measurement Validation. ASEAN Marketing Journal, Vol II No. 1, 1- 12

Trenggonowati, D. L. 2017. Analisis Penyebab Risiko dan Mitigasi Risiko dengan Menggunakan Metode House of Risk Pada Divisi Pengadaan PT. XYZ. Jurnal Industrial servicess Vol. 3 No. 1a, 1 – 7.

Ulfah, M, Maarif, M. S. , Sukardi, dan Raharja, S . 2016. Analisis Dan Perbaikan Manajemen Risiko Rantai Pasok Gula Rafinasi Dengan Pendekatan House Of Risk. Jurnal Teknologi Industri Pertanian , Vol. 26 No. 1, 87– 103.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i1.6512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by