PENGGUNAAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Indhira Asih Vivi Yandari, Maya Kuswaty

Abstract


peserta didik. Peranan media pembelajaran sangat penting dalam upaya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik melalui penggunaan media monopoli. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling, karena menggunakan sampel yang sudah ada pada kelompok dikelas V SDN XI Cilegon. Pada penelitian ini kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan media monopoli dan kelas VB sebagai kelas kontrol menggunakan media replika bangun datar. Hasil uji dua pihak dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung= 2,29 dan ttabel= 2,005 maka terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan media monopoli dengan peserta didik yang menggunakan media replika bangun datar. Hasil perhitungan uji perbedaan dua rata-rata skor gain menggunakan uji-t (uji satu pihak kanan) taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung= 3,25 dan ttabel= 1,67 maka peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan media monopoli lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan media replika bangun datar.

Kata kunci: media monopoli, kemampuan pemahaman konsep matematis

 

The ability of understanding mathematical concepts is the ability to be possessed learners. The role of learning media is very important in improving the ability of understanding mathematical concepts learners. This study aims to determine differences and increase the ability of understanding mathematical concepts as learners through the use of monopoly media. This research used a quasi-experimental research, design nonequivalent control group design. The sampling technique used purposive sampling, because it uses existing samples in the group of class 5th SDN XI Cilegon. In this study, class VA as an experimental class using the monopoly media and class VB as controls class use the media replica flat wake. The test results of two parties with a significant level of 0.05 obtained thitung = 2.29 and ttabel = 2.005 then there are differences in the ability of understanding mathematical concepts learners who use the monopoly media with learners who use the media replica flat wake. The results of test calculations the difference between two average score gain using t-test (test of the right hand) 0.05 significance level obtained thitung = 3.25 and ttabel = 1,67 the increased ability of understanding mathematical concepts that learners acquire learning by using monopoly media is better than on the ability of understanding mathematical concepts that learners acquire learning by using media replica flat wake.

Keywords: monopoly media, the ability of understanding mathematical concepts.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id