PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN SRATEGI INKUIRI DENGAN STRATEGI EKSPOSITORI

Nana Hendracipta, A. Syachruroji, Hermawilda Hermawilda

Abstract


Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas V SDN Banjarsari 2 Kota Serang pada mata pelajaran IPA tahun akademik 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling, yang terdiri dari kelas V a berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi inkuiri. Sedangkan kelas V b terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan strategi ekspositori. Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan strategi inkuiri dan strategi ekspositori. Kemudian hasil belajar siswa yang menggunakan strategi inkuiri lebih baik jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi ekspositori.

 

Kata Kunci : hasil belajar, inkuiri, ekspositori, ilmu pengetahuan alam.

 

 

 

 

Abstract. The purpose of this research was to knowing of differencess in learning outcomes of students SDN Banjarsari 2 kota Serang academic year 2016/2017. This research method is quasi experimental method. The sampling technique used is cluster sampling. In this research at V a were 29 students as experiment class with applying inquiry and at V b were 32 students as control class with applying expository. The summary of this research that it there are differences in learning out comes by using a inquiry and expository, and learning outcomes using inquiry is better rather than using expository.

 

Keyword : learning outcomes, inquiry, ekspository, science.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPSd: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: jpsd@untirta.ac.id