PERBEDAAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE

Nana Dwi Ervanasari, Yosaphat Haris Nusarastriya

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara siswa kelas V SDN 3 Suru dengan SDN 4 Suru yang menggunakan model Word Square. Penelitian ini dilakukan pada kedua kelompok yang mendapat perlakuan yang sama yaitu penerapan model Word Square. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 3 Suru sebagai kelompok eksperimen A dan siswa kelas V SDN 4 Suru sebagai kelompok eksperimen B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar PKn antara siswa kelas V SDN 03 Suru dengan siswa kelas V SDN 04 Suru menggunakan model Word Square.

Kata Kunci: model pembelajaran word square, hasil belajar PKn

 

Abstract. The aims of this research is to determine the differences learning result Civics Education between fifth grade students Elementary School 3 Suru with Elementary School 4 Suru using Word Square. This research was performed on both groups received the same treatment, namely the application of the Word Square model. Subject of research that fifth grade students Elementary School 3 Suru as experimental group A and fifth grade students SDN 4 Suru as experimental group B. The result of research shows of that there is no difference learning result Civic Education between fifth grade students Elementary School 3 Suru with fifth grade students Elementary School 4 Suru using Word Square model.

Keywords: word square learning model, civic education learning result


Full Text:

PDF

References


Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. JPSD, 3 (1), 42-52.

Apriliansyah, Rizki & Mintohari. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 3 (2).

Darmawan. 2016. Menciptakan Suasana Kelas Yang Menyenangkan Untuk Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. EduBasic Journal (Jurnal Pendidikan Dasar), 1 (2), 1-11.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Faisal, Emil El & Sulkipani. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Muatan Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Civics, 13 (2), 113-126.

Hendracipta, Nana., Syachruroji, A., & Hermawilda. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Strategi Inkuiri Dengan Strategi Ekspositori. JPSD, 3 (1), 33-41.

Hergenhahn & Olson, Matthew. 2010. Theories of Learning. Jakarta: Prenada Media Group.

Kurniasari, Mirah, & Setuti, Margunayasa. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Tegallalang. Scholaria, 1 (1).

Mashudi. 2016. Penerapan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-sifat Bangun Ruang. JPSD, 2 (1), 50-63.

Rianti, Luh & Nulhakim, Lukman. 2017. Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD, 3 (1), 64-73.

Rismaningsih, Febri. 2016. Perbedaan Penggunaan Metode Eksperimen Dengan Pendekatan Inkuiri dan Verifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49 (3), 98-108.

Salo, Yulia Ayuningsih. 2016. Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas VII SMPN 6 Banda Aceh. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16 (3), 297-304.

Sediasih. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas V SDN Karyawangi 2. JPSD, 3 (1), 74-81.

Sukandheni, Luh Putu, Suadnyana, I Nengah., & Putra, Semara. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Gugus Budi Utomo Denpasar Timur. Mimbar PGSD, 2 (1).

Sunarta. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas 8c SMP Negeri 3 Berbah. Civics, 13 (2), 151-161.

Syaifulloh, Muhammad & Pranoto, Budi Adjar. 2017. Analisis Profesionalisme Guru, Diklat Dan Prestasi Guru Terhadap Kualitas Pendidikan Pada Sekbin 3 UPTD Pendidikan Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. JPSD, 3 (1), 17-25.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Usmaedi. 2017. Menggagas Pembelajaran HOTS Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JPSD, 3 (1), 82-95.

Widiatmaka, Pipit. 2016. Kendala Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Di Dalam Pembelajaran. Civics, 13 (2), 188-198.

Yustitia, Via. 2017. Kemampuan Analisis Mahasiswa PGSD Terhadap Tujuan Pembelajaran Dimensi Kognitif Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran SD. Scholaria, 7 (1), 83-93.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Lisensi Creative Commons

JPSd is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

JPSd, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Journal is published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: jpsd@untirta.ac.id.