PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR

Norhayati Endah

Abstract


Abstrak. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan kepada guru dan siswa kelas 5 SDN 03 Bringin, terdapat keluhan berupa nilai siswa yang masih rendah pada mata pelajaran IPA. Penyebabnya antara lain karena metode yang digunakan adalah metode ceramah sehingga siswa kurang berminat dan cepat bosan. Selain itu banyak siswa yang tidak suka membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas 5 SDN 03 Bringin dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan soal tes (Pilihan Ganda). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa setelah penggunaan model, rata-rata hasil belajar siswa meningkat pada siklus I maupun siklus II. Selain itu, persentase ketuntasan siswa juga mendekati sempurna. Sehingga penggunaan model Teams Games Tournament berbantuan media gambar ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di SDN 03 Bringin.

 

Kata kunci: hasil belajar, IPA, TGT

 

 

 

Abstract. Based on the interviews that have been made to teachers and students of SDN 03 Bringin 5th grade, there are complaints of student scores are still low in science subjects. The reason is partly due to the method used is the lecture method so that students are less interested and bored quickly. In addition, many students do not like to read. The purpose of this research is to improve student learning outcomes 5th grade science subjects SDN 03 Bringin by using model Teams Games Tournament aided picture media. Namely data collection techniques using test questions (multiple choice). This research is a classroom action research was conducted in two cycles of the first cycle and the second cycle. The result showed that after the use of the model, the average increase student learning outcomes in the first cycle and the second cycle. In addition, the percentage of completeness students are also close to perfect. So the use of models Teams Games Tournament aided picture media can improve student learning outcomes in Science class at SDN 03 Bringin.

 

Keywords: Learning Achievement, Science,TGT


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id