PENGARUH BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Feby Inggriyani, Nurul Fazriyah

Abstract


Abstrak. Penelitian ini beranjak dari masalah yang muncul pada siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung yaitu memiliki kesulitan di dalam menulis narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data secara empirik tentang pengaruh berpikir kritis terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik expost-facto. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung, sampel penelitian di SDN Pelita dan SDN Karangpawulang dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen berbentuk esai untuk kemampuan berpikir kritis dan data kemampuan menulis narasi dilakukan dengan tes esai. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa berpikir kritis memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung.

 

 

Kata kunci: berpikir kritis, kemampuan menulis, menulis narasi

 

 

 

Abstract. The Problems that arise in SDN Lengkong Sub-District Bandung are students of class V have difficulty in writing narrative. The general purpose of this study is to obtain empirical data about the influence of critical thinking skills to write narrative in SDN Lengkong class V student Subdistrict, Bandung. The method used is survey with expost-facto technique. This research was conducted at SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Research sample at SDN Pelita and SDN Karangpawulang with purposive sampling technique. Data collection techniques in this study is  used essay-test instrument on critical thinking and data writing narrative skills done with essay test. Based on the results of research show that critical thinking gives influence the ability to write narrative at class V student in SDN Lengkong Subdistrict Bandung.

 

 

Keywords: critical thinking, writing skills, narrative writing


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id