PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK IPA DENGAN PENANAMAN NILAI BUDAI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yunita Sari

Abstract


Abstrak. Masalah yang sering dihadapi pada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam adalah kesulitan memahami materi yang disajikan dalam bahan ajar IPA yang digunakan di sekolah dan penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik. Media yang ada sifatnya yang terbatas membuat siswa malas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran karakteristik, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan produk bahan ajar komik yang dikembangkan dalam pembelajaran IPA materi Bagian-bagian tumbuhan di kelas IV Sekolah Dasar. Subjek uji coba pada penelitian adalah kelas IV SDN Beji 03 dengan peserta didik sejumlah 21 siswa. Desain uji coba produk dalam pengembangan bahan ajar komik IPA adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Jenis penelitian pengembangan ini dengan menggunakan model Borg and Gall. Perangkat yang dikembangkan meliputi: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Komik Ilmu Pengetahuan Alam, dan Tes Prestasi Belajar Materi Bagian-bagian tumbuhan. Data diperoleh melalui lembar pengamatan dan tes prestasi belajar materi bagian-bagian tumbuhan. Hasilnya diolah secara deskriptif, menggunakan uji ketuntasan, uji banding dan uji peningkatan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran pada kategori valid, kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk kategori praktis. Implementasi perangkat ini menghasilkan nilai rata-rata tes prestasi belajar kelas eksperimen lebih dari kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan, kelas eksperimen memperoleh rata-rata prestasi belajar lebih baik dari rata-rata nilai kelas kontrol, uji peningkatan tes prestasi belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol kategori sedang, peningkatan nilai-nilai budai dari kategori belum terlihat meningkat pada kategori membudaya.  Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa bahan ajar komik IPA efaktif digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: bahan ajar komik IPA, nilai-nilai budai

 

Abstract. Problems experienced by elementary school students in natural science learning are a difficulty on understanding lessons provided in the teaching materials used by school and less excitement on learning media usage. The media is in limited number and it makes students less excited. This study aimed to determine description of characteristics, validity, effectiveness, and practicality of comics as learning material products in natural science learning on chapter “Plant Parts” for grade IV Elementary School. Subjects of experiment were 21 students of grade IV in SDN Beji 03 and the used experiment design was Pretest-Posttest Control Group Design. This research used Borg and Gall model. The developed media included: Syllabus, Lesson Plan, Natural Science Comics, and Learning Achievement Test on Chapter “Plant Parts”. Data was obtained from observation and learning achievement test sheets on Plant Parts chapter. The result was processed descriptively, using completeness test, comparison test and improvement test to determine learning effectiveness. Results of study indicated that the validators’ assessment on learning devices was valid, teachers’ ability to manage learning was practical. The device implementation indicated that average score of experiment class learning achievement was higher than minimum completeness criteria, the experiment class had higher average score than the control class, improvement test on experimental class and control class learning achievement test was adequate, Islamic culture values improvement increased from none to cultured category. Conclusion of study was that comics as teaching materials for Natural Science was effective to use in a learning.

Keywords: comic as Natural Science teaching material, Budai culture values


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id