PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN KUBANGLABAN

Eka Nurul Mualimah, Usmaedi Usmaedi

Abstract


Abstrak. Pelajaran bahasa Indonesia di SD sering dianggap sebagai pelajaran yang membosankan karena terkesan hanya mengcatat materi dan  jarang dipraktikkan. Keluhan tentang prestasi belajar khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia, tidak bisa dikatakan sebagai kelalaian guru pada sekolah yang bersangkutan. Namun hal ini harus dikembalikan lagi pada kembiasaan membaca siswa, sehingga menarik peneliti untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonessia Pada Siswa Kelas V SDN Kubanglaban. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kubanglaban Kabupaten Serang dengan 30 siswa.  Metode yang digunakan adalah korelasional dengan 3 teknik penelitian, yaitu Teknik angket dimaksudkan untuk memperoleh data tentang kebiasaan membaca, tek tes untuk mengukur kemampuan dan prestasi siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, dan teknik analisis data dimaksudkan untuk mengukur pengaruh variabel kebiasaan membaca terhadap prestasi siswa SDN Kubanglaban. Hasil angket menunjukan tingkat kebiasaan membaca mencapaian sebesar 67 % dari 30 siswa. Tingkat pencapaian 90 % diperoleh dari skor prestasi belajar bahasa Indonesia setelah diadakan tes, dengan nilai terendah 80 dan tertinggi 89. Hasil analisis data dari korelasi kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Kubanglaban memperoleh angka sebesar 0,641. Korelasi tersebut termasuk  ke dalam korelasi tinggi. Sekitar 41% prestasi belajar dipengaruhi oleh kebiasaan membaca. Hal ini menunjukan bahawa  kebiasaan membaca amatlah penting dalam upaya meningkatkan prestasi belajar khususnya pada siswa kelas V SDN Kubanglaban.

Kata Kunci : kebiasaan membaca, prestasi belajar

 

Abstract. Indonesian Language Lesson in Elementary School is often regarded as a tedious lesson because it seems to only record material and is rarely practiced. Complaints about the achievement of learning, especially Indonesian subjects, can not be said as negligence of teachers at the school concerned. But this should be restored again on the habits of reading students, thus attracting researchers to conduct research on the Influence of Reading Habits of Learning Achievement of Language Indonessia In Students Class V SDN Kubanglaban. The sample of this research is the students of grade V SDN Kubanglaban Serang with 30 students. The method used is correlation with 3 research techniques, namely questionnaire technique is intended to obtain data about reading habits, test techniques to measure the ability and achievement of students in Indonesian subjects, and data analysis techniques intended to measure the influence of reading habit variable on student achievement SDN Kubanglaban. The questionnaire results show the reading habit reached 67% of 30 students. 90% achievement level is obtained from the score of learning achievement of Indonesian language after the test, with the lowest score 80 and the highest 89. The results of data analysis of the correlation of reading habits on student achievement class V SDN Kubanglaban get the number of 0.641. The correlation is included in the high correlation. About 41% of learning achievement is influenced by reading habits. This shows that reading habit is very important in an effort to improve learning achievement, especially in grade V SDN Kubanglaban.

Keywords: reading habit, learning achievement


Full Text:

PDF

References


Dahlani. Awaliyah & Rahman 2016. Pengaruh Strategi RAP (read – ask paraphrase) dan Strategi KWL (know – want to know – learned) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Serang: Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2 (1), 12-13.

Hendriyani, Mila. 2016. Alam adalah Sekolah dan Bermain adalah Proses Belajar. Serang: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (1), 64-71.

Kusmara, Suherli. 2010. Merancang Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Novi. 2010. Membaca dan Menulis di SD Edisi Kedua. Bandung: UPI Pres.

Nurgiantoro, Burhan. 2009. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Mulyati, Yet. 1997. Membaca. Jakarta: Cipta Karya.

Pratama, Rizqi Aji. 2016. Pengembangan Modul Membaca Kritis Dengan Model Instruksi Langsung Berbasis Nilai Karakter. Jakarta: DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3 (2), 174-185.

Purwanitaningrum, Emy., Subyantoro & Haryadi. 2013. Membaca Cepat Untuk Menyimpulkan Isi Bacaan Menggunakan Teknik Tayang Kilas Dengan Media Film Terjemahan. Semarang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang, 2 (1), 1-16.

Rahim, Farida. 2000. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soedarso. 1998. Speed Reading, Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmawati, Desi. 2016. Efektivitas Model Concentrated Language Encounter (CLE) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (1), 26-38.

Smith. 1985. Reading. Cambridge: Camoridge University Press.

Tampubolon. 1998. Kemampuan Membaca, Teknik Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Usmaedi. 2017. Menggagas Pembelajaran HOTS Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (1), 82-95.

Wartika, Eti. 2015. Penerapan Teknik Membaca Top Down

Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca

Siswa Kelas IX di SMPN 2 Jatinangor. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra (JPBS) Universitas Pendidikan Indonesia, 15 (1), 1-10.

Widianto, Eko & Subyantoro. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R Dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang, 4 (1), 1-15.

Yulia, Anna. 2005. Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Lisensi Creative Commons

JPSd is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

JPSd, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Journal is published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: jpsd@untirta.ac.id.